-->

Keindahan Tari Tradisional Provinsi Gorontalo

Tari Saronde

Tari Saronde merupakan salah satu tari khas dari Provinsi Gorontalo, pada umumnya tari daerah ini sering di tampilkan pada saat acara-acara resepsi seperti pernikahan maupun acara adat lainnya, seperti apa sih tari Tari Saronde itu ?
Tari Saronde merupakan kesenian tari yang biasanya di tampilkan pada saat acara malam pertunangan dan pernikahan adat masyarakat Gorontalo, di san tari ini cukup popular, tarian yang biasanya dimainkan oleh kaum pria dan wanita ini memiliki gerakan yang unik, dan yang paling menjadi ciri khas dari tarian tersebut adalah setiap penarinya selalu memaki property selendang, seperti tari-tari lainnya selain sebagai pengisi hiburan saat acara pernikahan, tarian tersebut biasanya juga di tampilkan sebagai  tari penyambutan tamu , festival budaya dan acara pertunjukan seni tari khas daerah.

Sejarah dari Tari Saronde pada awalnya merupakan kesenian tari yang terinspirasi dari acar-acara perkawinan adat Gorontalo,  pada masa itu di jadikan sebagai saran untuk melihat calon istrinya, atau dalam bahasa daerah setempat sering dikenal dengan istilah “Molihe Huali”, pada masa itu hal ini sangat berguna sekali sebagai sebuah tradisi untuk mengintip calon kekasihnya, sebab pada masa itu masih belum mengenal istilah pacaran seperti saat sekarang. Sehingga segala gerak-gerik calon pengantin masih dalam kendali penuh kedua orang tua mereka.

Uniknya lagi tarian ini biasanya ditampilkan oleh calon mempelai peria bersama bersama orang tua atau orang yang menjadi walinya, dan tarian tersebut di tampilkan di depan sang alon istri, nah dengan sambil menari inilah mereka yang akan menjadi pengantin bisa saling lirik-melirik curi-curi pandang dan disaat itulah sang wanita baru mulai mengenal seperti apa wajah calon suaminya, begitu pula sebaliknya sang calon suami juga mulai mengetahui wajah calon istrinya, dan sampai kini kesenian tari semacam ini masih tetap dilestarikan di daerah tersebut, sebab prosesi tari ini memiliki makna  yang mendalam dan sekaligus menjadi warisan budaya sehingga sampai sekarang tarian tersebut tidak mudah untuk dilupakan begitu saja.


Adapun makna dari Tari Saronde ini seperti yang telah di jelaskan di awal tadi bahwa Tari Saronde merupakan tarian yang biasanya di tampilkan pada saat prosesi pernikahan adat masyarakat Gorontalo, selain itu tari tersebut juga bisa dijadikan sebagai tari untuk hiburan bagi masyarakat setempat, jika di perhatikan dari beberapa gerakan dalam tariannya, tarian ini juga bisa disebut sebagai tari pergaulan,  dan sekaligus hiburan yang identik dengan kebahagiaan dan juga keceriaan.

Seperti Apakan Pertunjukan Tari Saronde Ini ?
Tari Saronde biasanya di mainkan dengan penari pria dan wanita yang berjumlah 3 sampai 6 orang, dan biasanya para penarinya saling berpasangan, gerakan yang dibawakan juga sangat lincah dan tidak lupa selalu mengenakan selendang sebagai atribut atau aksesorisnya, untuk jenis gerakannya juga sangat simple saja biasanya hanya menggerakan kaki dan mengayun-ayunkan tanganya ke depan dan ke belakang secara bergantian dan sesekali memainkan selendangnya secara berputar-putar, selain ditampilkan secara berpasang-pasangan, para penarinya pun sering berubah-ubah pasangan, sehingga tarian ini jadi terasa sangat menyenangkan.

Baca Juga :

Saat pertunjukan Tari Saronde biasanya selalu diiringi dengan alat musik daerah berupa rebana dan dipadu pula dengan lantunan lagu-lagu daerah setempat, lagu yang biasanya dinyanyikan pada saat menampilkan tarian ini adalah lagu yang secara khusus dikemas untuk iringan Tari Saronde tersebut. Untuk tempo dari musiknya disesuaikan pula dengan gerakan tari yang di tampilkan, ada kalanya bertempo cepat da nada pula yang bertempo lambat.

Seperti apakah Perkembangan dari Tari Saronde ini ?
Kesenian Tari Saronde ini hingga kini masih tetap lestari, dan masih sering di tampilkan pada saat acara-acara adat seperti pernikahan, seperti yang telah di sebutkan di atas tadi bahwa tari ini juga sering di tampilkan saat acara penyambutan tamu, festival budaya, gerakan dan busana yang di gunakan para penari juga sudah mulai dikreasikan sehingga seni tari ini dapat tampil secara indah gemulai.


Nah itulah tadi penjelasan tentang Tari Tradisional Provinsi Gorontalo kali ini, semoga memberikan manfaat bagi kita, sekian dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Related Posts
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar