-->

Keunikan Tari Tradisional Dari Provinsi Sulawesi Tenggara

Tari Balumpa 

Tari Balumpa  merupakan kesenian tari tradisional dari daerah Wakatobi provinsi Sulawesi Tenggara, dan tari ini biasanya digunakan sebagai tari penyambutan tamu kehormatan atau penting yang berkunjung ke daerah tersebut. Seni Tarian ini adalah tarian yang dibawakan oleh penari kaum  wanita Tari Balumpa ini merupakan selain sebagai tari penyambutan tari tersebut juga di tampilkan pada acara pertunjukan seni daerah, dan  juga festival budaya.

Bagaimana Asal Usul Tari Balumpa Sulawesi Tenggara ini?
Menurut sejarahnya Tari Balumpa adalah tarian asli dari daerah Wakatobi, tepatnya di daerah Binongko dan Buton. Tari Balumpa yang dibawakan oleh para gadis ini dibawakan dengan ekspresi yang penuh dengan keceriaan , alunan musik gambus yang menjadi musik pengiring tarian ini semakin menambah semangat dan gerakan-gerakan gemulai di sepanjang pertunjukan, bagi masyarakat setempat tarian ini juga memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur serta kebahagiaan karena kedatangan tamu yang dihormati.

Bagaiman Pertunjukan Tari Balumpa
Seperti yang telah admin jelaskan di awal tadi bahwa Tari Balumpa ini dibawakan oleh kaum wanita, akan tetapi kini telah dimodernisasi sehingga terdapat pula yang ditampilkan dengan kaum pria sebagai variasai, jumlah penari tarian ini biasanya berjumlah genap yaitu antara 6 sampai 8 orang, namun tidak menutup kemungkinan bahwa tarian ini bisa di mainkan lebih dari angka di atas, hal ini tentu sesuai dengan keadaan atau kebutuhan pada setiap grup tari.


Gerakan Tari Balumpa didominasi dengan gerakan-gerakan tangan, gerakan kaki yang diayun kedepan dan belakang, serta gerakan badan yang melenggak-lenggok, setiap penari membawakan tarian ini dengan ekspresi wajah yang ceria dan bergembira, sehingga setiap gerakan yang dibawakan menjadi terasa lebih indah membahana.

Alat Musik Tradisional Pengiring Tari Balumpa
Tari Balumpa yang di bawakan ini diiringi dengan alat musik tradisional khas daerah Sulawesi Tenggara yang salah satunya adalah musik gambus, selain diiringi musik tarian ini juga dipadu dengan alunan lagu-lagu khas daerah setempat, selanjutnya alunan musik pengiring serta lagu tersebut di padu dengan gerakan-gerakan Tari Balumpa ini, sehingga pementasan tari ini tampak meriah dan indah.

Baca Juga :

Pakain atau Kostum Tari Balumpa
Pakaian atau Kostum yang di kenakan oleh penari Tari Balumpa biasanya adalah pakaian adat tradisional khas Sul-Teng. Biasanya penari ini berbusana dengan desain lengan pendek namun ada juga yang mengenakan busana berlengan panjang yang tentunya merupakan busana khas daerah setempat, selain itu penari wanita tersebut juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris yang biasanya adalah pasangan dari pakaian adat itu sendiri, adapun aksesoris yang dikenakan diantaranya adalah anting-anting, kalung, gelang serta hiasan penutup kepala tak lupa pula kain selendang yang biasanya dipergunakan sebagai pelengkap saat menari.

Baca  Juga :

Seperti Apakah Perkembangan Tari Balumpa Ini ?
Hingga hari ini perkembangan Tari Balumpa masih tetap lestari, dan masih sering ditampilkan pada acara-acara yang di selenggarakan di daerah-daerah tersebut, baik di kalangan masyarakat, pemerintahan, sekolah dan lain-lain, gerakan pada tarian ini juga sudah mulai di kembangkan atau dikreasikan lagi sehingga tarian tersebut menjadi lebih elok, walaupun demikian namun tidak merubah unsur-unsur utama yang terkandung dalam tarian tersebut, selain dari segi gerakan pengembangan juga di lakukan di segi busana yang dikenakan, sehingga para penari yang menampilkan tarian tersebut menjadi tampak lebih anggun.
Bukan hal asing lagi jika tarian ini sering mengisi acara acara seperti pertunjukan seni, festival budaya dan juga sarana promosi pariwisata daerah. Segala hal tersebut dilakukan semata-mata  guna melestarikan dan sekaligus memperkenalkan tarian tersebut kepada generasi penerus agar budaya khas daerah yang mereka miliki tetap menggema dikalangan masyarakat luas.


Demikianlah penjelasan tentang  Tari Balumpa Sulawesi Tenggara kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua sekian dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar