-->

Beberapa Contoh Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Bunyi dipantulkan dan diserap

1. Bagaiman Pemantulan Bunyi itu ?
Sebuah bola yang kita lemparkan ke dinding dengan keras maka bola itu akan memantul, hal tersebut sama halnya dengan suara atau bunyi, bunyi juga bisa dipantulkan hal tersebut terjadi ketika bunyi sedang merambat lalu terhalang benda-benda keras misalnya, kaca, dinding tembok dan lain sebagainya.

2. Bagaimana Penyerapan Bunyi itu?
Tahukah kamu bahwa bunyi juga dapat merayap, benda yang dapat dirayapi oleh bunyi diantaranya adalah benda-benda dengan permukaan yang lunak, dan benda tersebut biasanya dapat dijadikan sebagai peredam suara, contoh nya busa, karpet, kardus, benang wol dan lain-lain, dan benda-benda tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya gaung atau kerdam pada sebuah ruangan. Benda-benda tersebut biasanya dipasang pada dinding dan langit-langit gedung seperti gedung aula yang biasanya dijadikan sebagai tempat seminar maupun pertemuan, studio rekaman musik, tempat hiburan(bioskop)

Jenis-jenis Bunyi Pantul
1. Bunyi Gaung atau Kerdam
Adapun suara gaung dan juga kerdam terjadi karena bunyi memantul dengan jarak yang terlalu dekat dengan sumber bunyi, dan hal tersebut menimbulkan suara pantul yang hampir bersamaan dengan sumber suara asli yang belum selesai terucapkan keseluruhan, dan hal itu berakibat bunyi yang berasal dari pantulan mengganggu bunyi aslinya sehingga bunyi aslinya terdengar tidak jelas.

2. Bunyi Gema
Seperti apakah bunyi gema itu, bedanya dengan gaung, gema ini adalah suara atau bunyi yang dipantulkan oleh benda yang jaraknya sangat jauh dari sumber bunyi yang asli, hal tersebut menyebabkan terdengar nya bunyi pantulan setelah bunyi aslinya selesai terucapkan, sehingga suaranya dapat terdengar secara lengkap sesuai suara aslinya, Suar gema seperti ini biasanya terjadi di gua-gua, lembah bukit yang jaraknya jauh serta memiliki permukaan yang rapat, oleh para ilmuan suara gema ini dapat digunakan untuk mengukur kedalaman sebuah gua atau jurang.


Demikian penjelasan tentang Macam-macam Pemantulan dan Penyerapan Bunyi Pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, sekian dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar