-->

Keunikan Alat Musik Kecapi Mandar Khas Sulawesi Barat

Keunikan Alat Musik Tradisional Kecapi Mandar
IMAGES http://ulinulin.com

Media Pendidikan-Kecapi Mandar adalah jenis alat musik petik (melodis) yang berasal dari Provinsi Sulawesi Barat, disebut dengan nama Kecapi Mandar karena alat music tradisional ini berasal dari kabupaten Polewali Mandar, selain itu Kecapi Mandar juga sering disebut dengan nama kacaping tobaine.

Alat Musik Kecapi Mandar biasanya dimainkan sebagai sarana hiburan pada acara-acara sunatan atau pernikahan, dan alat music Kecapi Mandar ini biasanya di mainkan oleh kaum perempuan.

Kecapi yang dimiliki oleh kaum perempuan memiliki bentuk melengkung, dan cara memainkannya adalah seperti sedang duduk menimang atau memeluk seorang bayi, dengan posisi kaki kiri diangkat.

Keunikan Kecapi Mandar adalah bentuk yang melengkung serta suar yang dikeluarkan juga sangat indah dan khas, dan senar atau dawainya berjumlah 20 helai, untuk dapat memainkan alat music ini haruslah memiliki keahlian yang khusus, dan sangat sedikit sekali orang yang mampu memainkan alat musik ini, terdapat dua orang senior yang dapat memainkan alat music ini yaitu Saeni dan kakak perempuannya Marayama, dan keberadaan alat musik ini juga sudah sangat jarang.
Demikian Artikel Tentang Keunikan Alat Musik Tradisional Kecapi Mandar Proinsi Sulawesi Barat Kali Ini, Semoga Bermanfaat Dan Salam Media Pendidikan.


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar