-->

Tanaman Lidah Buaya

Cara Budidaya Bunga Lidah Buaya

Media Pendidikan-Lidah Buaya atau Aloe barbadensis habitat aslinya adalah merupakan jenis tumbuhan liar yang biasanya tumbuh di daerah-daerah dengan iklim panas, dan terkadang ada pula yang menanamnya di pot sebagai tanaman hias di pekarangan rumah mereka.

Adapun ciri-ciri Lidah Buaya yang masih familia Liliaceaeini adalah memiliki daun jenis sejajar bentuknya agak meruncing tebal dan di bagian kedua sisinya terdapat duri-duri kecil, memiliki warna hijau muda dandi bagian permukaan berbintik-bintik, adapun panjang daun nya berkisar antar 15-36 cm, dan lebarnya 2-6 cm, jika sudah cukup umur tanaman Lidah Buaya akan berbunga,  memiliki tangkai bunga yang panjangnya berkisar antar 60-100 cm, bunganya berwarna kuning kemerahan (jingga).

Tumbuhan Lidah Buaya  yang juga jenis Aloe Vera Linn ini banyak dijumpai di Afrika bagian Utara dan Hindia Barat.

Baca Juga :
8 Khasiat Tanaman Lidah Buaya sebagai Herbal Alami

      A.    Ciri-ciri Batang Tanaman Lidah Buaya
Batang Tanaman jenis Aloe Vera ini memiliki jenis batang pendek, Batangnya Lidah Buaya tidak kelihatan karena tertutup oleh daunnya yang rapat , Cara berkembang biaknya adalah dari tunas melalui batang yang dimiliki ini akan muncul tunas-tunas yang bakal menjadikan anakan tanaman Lidah Buaya.

Lidah Buaya merupakan tumbuah Aloe Vera yang bertangkai panjang dan tangkainya akan muncul melalui celah-celah batangnya, Batang Aloe Vera ini juga dapat distek untuk bibit tanaman Lidah Buaya.
Cara Peremajaan tanaman ini adalah dengan cara memangkas habis daun dan batangnya dan hanya disisakan bagian pangkalnya saja, dan nantinya dari batang pangkal ini akan  muncul tunas-tunas baru atau anakan.

      B.    Ciri-ciri Daun Tanaman Lidah Buaya
            Daun tanaman Aloe Vera ini berbentuk pita dengan helaian yang memanjang, daunnya berdaging tebal, padat tidak memiliki rongga, daunnya banyak mengandung getah atau lendir seperti gel, kebanyakan tanaman ini dimanfaatkan sebagai bahan baku obat atau bahan baku kosmetik. 

Tanaman lidah buaya adalah jenis tanaman yang tahan terhadap kondisi cuaca kemarau atau tanah kekeringan, hal ini dikarenakan tanaman lidah buaya memiliki cadangan air yang dapat di daun nya, dan kadar air tersebut dimanfaatkan oleh tanaman ini pada waktu kekurangan air.
Bentuk daunnya menyerupai pedang dengan ujung meruncing.

      C.     Ciri-ciri Bunga Tanaman Lidah Buaya
             Bunga yang dimiliki Aloe Vera Linn ini berwarna kuning kemerahan,tangkainya menjulur dan bunganya berupa pipa yang mengumpul di bagian tangkai, bunganya kecil-kecil dan tersusun dalam bentuk tandan, rumpun bunga tersusun semakin mengecil ke bagian atas, tangkai bunga ini keluar dari bagian sela-sela daun bagian tengah, dan biasanya tanaman lidah buaya akan mengeluarkan bunga jika di tanam di daerah pegunungan.

      D.    Ciri-ciri Akar Tanaman Lidah Buaya
             Akar tanaman Aloe Vera merupakan jenis tumbuhan akar serabut dengan ukuran pendek dan terbenam di permukaan tanah. Panjang akar berkisar antara 50- 100 cm, untuk pertumbuhannya tanaman menghendaki tanah yang subur dan gembur.


Demikianlah penjelasan tentang Tanaman Lidah Buaya dan Karakter Pertumbuhannya, semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.

AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar