-->

9 Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Macam Kegiatan Ekonomi Masyarakat
Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Kehutanan, Pertambangan, Perindustrian, Perdagangan dan Jasa.

Manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan guna melanjutkan kehidupannya. Untuk memenuhi beragam kebutuhan tersebut, manusia melakukan kegiatan yang disebut kegiatan ekonomi.

 Setiap orang memiliki jenis kegiatan ekonomi yang berbeda-beda tentu saja sesuai kemampuan masing-masing. Sebagian orang ada yang bekerja sebagai seorang petani yang memproduksi bahan pangan. Ada pula orang yang memproduksi kain menjadi  pakaian jadi yang siap untuk dijual atau dipasarkan kepada pedagang lain.

Setiap aktivitas kegiatan ekonomi memiliki tujuan pemenuhan kebutuhan yang berbeda-beda, misalnya seorang petani pasti membutuhkan pakaian dan begitu juga sebaliknya, bahwa seorang pedagang pakaian membutuhkan pangan, jadi segala perbedaan tersebut justru akan menghasilkan keragaman kebutuhan  yang dapat saling melengkapi satu sama lain.

Berikut ini macam-macam kegiatan ekonomi di tinjau dari jenis usaha yang umum dimiliki oleh setiap masyarakat di Indonesia :

1. Pertanian
Usaha pertanian merupakan usaha yang paling banyak ditemukan dalam
masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan keadaan alam Indonesia
sebagai negara agraris. Hasil pertanian Indonesia antara lain padi, jagung, ubi, dan palawija.

2. Perkebunan
Perkebunan merupakan usaha pemanfaatan lahan dengan tanamantanaman
keras. Perkebunan dapat dibedakan atas perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan rakyat adalah perkebunan yang dikelola oleh rakyat. Kegiatan ekonomi berupa perkebunan dengan sekala besar biasanya dikelola oleh pemerintah atau PT. Perkebunan Nusantara. 
Dan untuk hasil daripada perkebunan besar tersebut, biasanya ditujukan untuk ekspor sehingga dapat menghasilkan devisa bagi negara. Contoh hasil perkebunan antara lain karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu.

3. Peternakan
Peternakan adalah usaha memelihara binatang peliharaan yang diambil manfaatnya. Kegiatan ekonomi usaha ternak digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar (sapi, kerbau, dan kuda), hewan kecil (kambing, domba, kelinci, dan babi), dan unggas (ayam, itik, entok, dan burung).

4. Perikanan
Usaha perikanan dalam hal ini adalah usaha perikanan darat, yaitu usaha memelihara ikan di perairan darat dengan cara membuat kolam. Perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan air payau. Contoh hasil perikanan air tawar misalnya ikan gurami, nila, bawal, dan lele. Hasil perikanan air payau contohnya ikan bandeng.


5. Kehutanan
Usaha kehutanan dapat dilakukan dengan melakukan pencegahan terhadap penggundulan hutan dengan melakukan reboisasi atau peremajaan hutan. Contoh hasil usaha kehutanan antara lain kayu, rotan, damar, dan kemenyan. 
Usaha kehutanan juga penting untuk menjaga keseimbangan alam.
Pohon-pohon yang tumbuh di hutan turut membantu peresapan air ke dalam tanah. Dengan demikian, dapat menghindari terjadinya banjir. Selain itu, hutan menjadi tempat hidup serta berkembangnya berbagai satwa. Oleh karena itu, hutan tidak boleh dirusak dan harus diremajakan.

6. Pertambangan
Pertambangan adalah usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteran manusia. Mineral ini berada di dalam perut bumi. 
Untuk mendapatkannya perlu dilakukan penggalian atau penambangan. 
Contoh hasil barang tambang antara lain emas, minyak bumi, dan batu bara.

7. Perindustrian
Industri adalah usaha atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah berasal dari sumber daya alam. kegiatan industri ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan mutu atau nilai suatu barang. 
Kegiatan Usaha jenis industri dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok, atau suatu perusahaan, baik pemerintah maupun swasta.
Contoh hasil industri adalah benang menjadi pakaian, pengolahan ikan menjadi ikan kaleng, dan karet menjadi ban.

8. Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. adapun barang-barang  yang biasanya diperdagangkan adalah merupakan hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri. Perdagangan yang dilakukan antarnegara disebut ekspor impor. Ekspor adalah usaha mengirim dan menjual barang keluar negeri. Impor adalah usaha memasukkan dan membeli barang dari luar negeri.

9. Jasa
Usaha jasa adalah usaha menyediakan jasa bukan produk benda untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Perhatikan gambar di atas.
Pekerjaan menjadi pemandu wisata merupakan bagian dari usaha jasa.
Usaha-usaha dalam bidang jasa antara lain usaha becak, ojek, angkutan
umum, dan bidang pariwisata.


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar