-->

Ini Adalah Unsur-Unsur dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan Pada Media Elektronik

Bahasa Iklan Pada Media Elektronik

Setiap media elektronik memiliki karakteristik yang berbeda. Iklan di
televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet.
Berikut unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan
internet.

1. Unsur-unsur iklan televisi, yaitu ;
• Suara
Suara dalam iklan televisi dapat berupa suara manusia, suara hewan atau tumbuhan, musik, atau sekadar efek suara.
• Gambar
Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.
• Gerak
Gambar bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.
• Tulisan
Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.

2. Unsur-unsur iklan radio, yaitu ;
Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut
dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan efek
suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

3. Unsur-unsur iklan internet, yaitu ;
• Suara
Iklan di internet dapat berupa video yang memiliki unsur suara.
• Gambar
Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan, atau dapat berupa rang yang menggunakan produk tersebut.
• Tulisan
Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.
• Gerak
Baik gambar maupun tulisan dalam iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak dalam iklan di internet dapat berupa video atau animasi.
Ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan
iklan di media cetak, yaitu ;
• komunikatif,
• informatif,
• mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
• menarik perhatian, dan
• mengajak penonton untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Demikian semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar