-->

3 Contoh Alat Musik Tradisional Provinsi Gorontalo

1. Polopalo Gorontalo

           Alat musik tradisional yang satu ini merupakan alat musik jenis idiophone dalam kata lain alat musik yang sumber suaranya berasal dari alat musik itu sendiri. Cara memainkannya adalah dengan di pukul dan suara yang di timbulkan dari getaran polopalo itu sendiri.


Polopalo ini terbuat dari bambu yang bentuknya mirip seperti garputala yang dipukul adalah bagian lututnya, lambat laun alat musik yang satu ini kini mulai berubah, hal ini adalah bertujuan untuk menyempurnakan alat musik tersebut agar memiliki suara yang lebih baik, penambahannya adalah terdapat alat pemukul dari bahan kayu dengan dilapisi karet.


2. Marwas Khas Gorontalo
             Marwas hampir sama dengan alat musik tradisional Ganda, namun marwas memiliki ukuran lebih pendek dan terdapat membrane dari kulit hewan di sisi kiri dan kanannya, alat musik marwas juga dimainkan dengan cara dipukul pada bagian membrannya. Alat musik tradisional marwas tergolong alat musik perkusi artinya alat musik tersebut harus di padu dengan alat musik yang lain, jika dimainkan secara tunggal akan menghasilkan suara yang kurang bagus.

Alat musik Marwas biasanya diungsikan sebagai musik pengiring lagu puji-pujian terhadap Sang Pencipta. Konon alat musik Marwas di adaptasi dari kebudayaan bangsa timur tengah yang datang bersamaan penyebaran agama Islam. Kendatipun demikian Marwas tetap menjadi salah satu bagian dari Gorontalo yang harus tetap terjaga kelestariaanya.

3. Ganda Khas Gorontalo
Ganda adalah alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Gorontalo, namun tidak menutup kemungkinan Ganda juga dapat di jumpai di daerah-daerah lain diluar Gorontalo. Alat musik ganda di mainkan degan cara di tepuk pada bagian kedua sisi, tepatnya pada bagian yang ditutup menggunakan kulit binatang. Alat musik yang satu ini sangat mudah untuk dipelajari, yang penting ada kemauan maka akan dengan mudah mempelajari cara memainkannya. Jika anda rutin berlatih maka lama-kelamaan naluri dalam memainkan alat ini akan tumbuh dengan sendirinya dan pada akhirnya anda akan dapat menampilkan suara-suara yang berbeda dengan yang dimainkan oleh orang lain.


Itu lah tadi penjelasan tentang Alat Musik dari provinsi Gorontalo, semoga bermanfaat bagi pembaca , bagi saya sendiri, serta menjadikan kita semakin cinta terhadap kekayaan budaya bangsa yang kita miliki, sekian dan Salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar