-->

Alat Musik Tradisional Keso Sulawesi Selatan

Alat Musik keso-keso atau P’keso
Sulawesi Selatan tepatnya daerah Toraja mempunyai alat musik tradisional yang diberi nama keso atau P’keso. Alat musik yang satu ini sepintas akan tampak seperti alat musik rebab yang berasal dari Pulau Jawa. Dan fungsi dari alat musik ini tidak jauh berbeda dengan fungsi alat musik yang berada di daerah lainnya, alat musik keso ini dimainkan dengan cara di gesek seperti biola, keso dilengkapi dengan dua buah dawai.
Adapun bahan yang digunakan untuk membuat  Alat musik keso ini tempurung kelapa sebagai tabung suara, bambu atau kayu sebagai batang keso, ketika masih belum tersedia dawai tasi, dahulu dawai keso ini dibuat dari balu’bu’ atau benang-benang kasar yang biasanya melekat di batang pohon enau.
Menurut kisah dari masyarakat suku Toraja yang masih ada hingga sekarang, alat musik adalah permainan yang tidak dapat terlepaskan dari kehidupan sehari-hari. Namun perkembangannya tidak begitu pesat, sehingga anak-anak masa sekarang akan merasa terheran-heran jika melihat alat musik ini dimainkan.

Ciri-ciri Alat Musik Keso-Keso Sualawesi Selatan

a. Berdasarkan karakter suara yang dikeluarkan oleh alat musik Keso-Keso ini, dapat disimpulkan bahwa keso tergolong alat musik chordopone, yaitu alat musik yang suaranya dihasilkan karena dawai yang digesekkan .
b. Keso dimainkan dengan cara menggesek dawai yang ada pada body dengan dawai yang ada pada penggeseknya.
c. Terbuat dari tempurung kelapa sebagai tabung suaranya, kayu sebagai batang dawai, dan dawai dari balu’bu’, yaitu benang-benang kasar yang biasanya melekat di batang pohon enau.
d. Fungsi dari alat musik keso-keso adalah sebagai hiburan keseharian masyarakat Sulawesi Selatan.



Demikianlah tadi penjelasan tentang Alat Musik keso-keso atau P’keso dari provinsi Sulawesi Selatan, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan semoga menjadikan kecintaan kita terhadap kekayaan budaya bangsa semakin tumbuh subur, sekian dan Salam Media Pendidikan.


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar