-->

Penjelasan Singkat Proses Pernapasan pada Manusia

Proses Pernapasan pada Manusia
    Proses pernapasan pada manusia dimulai dari hidung. Udara yang diisap pada waktu menarik napas (inspirasi) biasanya masuk melalui lubang hidung kiri dan kanan selain melalui mulut. Pada saat masuk, udara disaring oleh bulu hidung yang terdapat di bagian dalam lubang hidung. 

   Setelah melewati rongga hidung, udara masuk ke kerongkongan bagian atas lalu ke bawah untuk selanjutnya masuk tenggorokan. Setelah melalui tenggorokan, udara masuk ke batang tenggorok atau trakea, dari sana diteruskan ke saluran yang bernama bronkus. Saluran bronkus ini terdiri dari beberapa tingkat percabangan dan akhirnya berhubungan di alveolus di paru-paru.

   Udara yang diserap melalui alveoli akan masuk ke dalam kapiler yang selanjutnya dialirkan pembuluh balik paru-paru. Gas oksigen diambil oleh darah. Dari sana darah akan dialirkan ke serambi kiri jantung dan seterusnya.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar