-->

Penjelasan Rumah Adat Baduy Banten Fungsi dan Keunikan

Fungsi dan Keunikan Rumah Adat Baduy Banten
create by http://www.netralnews.com

Media Pendidikan-Indonesia terdiri dari berbagai suku, dan setiap suku bangsa di Indonesia memiliki beraneka ragam adat dan kebudayaan. itu adalah sebuah keragaman yang menjadikan bangsa Indonesia kaya akan budaya.

Salah satunya adalah rumah adat yang ada di setiap daerah di Indonesia
mempunyai sejarah dan adat yang berbeda-beda.

Kegotongroyongan yang dilakukan untuk membangun rumah adat dan menghasilkan peninggalan yang mempunyai nilai sejarah, itulah salah satu keindahan dalam kebersamaan yang di lakukan oleh masyarakat di suatu daerah, mereka saling bahu-membahu untuk membangun rumah adat khas daerahnya masing masing yang di gunakan baik sebagai tempat tinggal ataupun sebagai tempat penyimpanan benda-benda lain.

Salah satu peninggalan rumah adat yang ada di Indonesia adalah Rumah Adat Baduy

Rumah Adat Baduy adalah rumah adat yang berasal dari daerah Banten Jawa Barat, rumah adat Baduy bukan hanya di gunakan sebagai tempat tinggal, tetapi rumah adat Baduy juga mengandung nilai-nilai kehidupan, bentuk rumah adat Baduy di sana sering di sebut dengan istilah Julang Ngapak. Keunikan rumah adat baduy di bandingkan dengan rumah adat yang lain adalah, rumah baduy dibuat mengikuti tekstur tanah yang ada di tempat didirikan rumah tersebut, misalnya ketika di bangun di atas permukaan tanah yang bergelombang, maka tanah tidak diratakan, mereka menyesuaikan ukuran tinggi atau rendah tiangnya, tinggi tiang di sesuaikan tanpa merubah pola tanahnya, dari sini sudah tampak bahwa pembuatan rumah baduy ini sangat menjaga kelestarian lingkungan, dan bukan itu saja, masih banyak lagi hal-hal baik yang di terapkan dalam pembuatan rumah baduy ini.


Adapun Ciri-ciri Rumah adat Baduy adalah sebagai berikut :

* Rumah Baduy dibangun tidak boleh menyentuh tanah.
* Setiap tiang rumah selalu di alas atau di ganjal dengan batu.
* Dinding Rumah Baduy di buat dari anyaman bambu
* Atap bagian atas terbagi menjadi dua,yaitu atap kiri dan kanan, atap di sebelah kiri sebelah kiri memiliki ukuran sedikit lebih panjang.
* Atap Rumah Baduy dibuat dari bahan ijuk atau daun kelapa.
* Rumah Baduy tidak memiliki jendela.
* lantai Rumah Baduy tebuat dari bambu.

Demikianlah artikel tentang Rumah Adat Baduy dari Banten kali ini semoga bermanfaat, salam Media Pendidikan.



AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar