-->

Khasiat Bunga Matahari Yang Perlu Anda Ketahui

Bunga Matahari Berkhasiat Obat
Create by http://www.readersdigest.com.au

Media Pendidikan-Bunga matahari adalah termasuk kedalam jenis marga Compositae, bunga matahari biasanya memiliki tinggi 1-2,5 meter, tanaman bunga matahari cocok di tanam di halaman yang mendapat  sinar matahari langsung, biasanya di jadikan sebagai tanaman hias yang di tanam di depan rumah-rumah penduduk.

Batang bunga matahari tergolong batang basah dan memiliki jenis daun tunggal, di mana dalam satu tangkai daun hanya terdapat 1 helai daun .
Bunga matahari memiliki kelopak bunga berwarna kuning dan di bagian tengah terdapat biji bunga matahari yang berwarna abu-abu kehitaman. Dan biji bunga matahari dapat diolah menjadi bahan utama pembuatan cemilan yang bernama kuaci, bunga matahari adalah.

Tanaman bunga matahari sangat mudah di tanam, penanaman di lakukan secara generativ atau menggunakan biji, bagian yang di tanam adalah pada bagian bijinya, agar tanaman bunga matahari dapat tumbuh subur penanaman harus di lakukan di tanah yang subur dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Selain sebagai tanaman hias dan bahan makanan ternyata bunga matahari juga berkhasiat obat, diantaranya dapat mengobati penyakit-penyakit seperti di bawah ini :

Bunga  Matahari Berkhasiat Mengobati :

* Rheumatik
Cara Membuat nya bunga matahari yang sudah tua di petik buang bagian kelopaknya, dan rebus bagian kepala bunga matahari hingga menjadi kanji, setelah menjadi kanji dinginkan dahulu, setelah dingin kompreskan kanji rebusan bunga matahari ke bagian yang sakit rheumatik.

* Sakit Kepala 
Cara membuat, sediakan biji bunga matahari sebanyak 30gram di tambah satu butir telur ayam kampung (rebus tanpa dipecah), rebus kedua bahan tersebut menggunakan air mineral sebanyak 3 gelas, lalu biarkan sampai mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas, kemudian air rebusan tersebut di minum setelah makan 2 kali dalam sehari, PERHATIAN (rebusan bunga matahari tidak boleh di minum oleh Ibu-Ibu yang sedang hamil atau mengandung).

* Susah Buang Air Besar atau Kecil 
Cara membuat, ambilah 25gram akar bunga matahari yang masih segar, kemudian di rebus dengan air 2 gelas rebus hingga bersisa 1,5 gelas lalu air rebusan di minum.

* Gangguan atau infeksi pada saluran buang air kecil 
Cara membuatnya adalah, sediakan 25 gr akar bunga mata hari lalu di rebus sebentar dengan 2 gelas air mineral, ketika air mulai mendidih angkat seketika, dinginkan kemudian minum saat masih hangat kukuh.

* Penyakit Radang Payudara atau MASTITIS
Adapun cara pembuatan obat Mastitis ini adalah dengan bahan bunga matahari di petik dan buang biji-bijinya, Rajang halus bunga matahari yang sudah tidak ada bijinya tadi lalu di jemur sampai kering, Jika sudah kering sangrai atau gongsenglah rajangan bunga matahari yang telah kering tadi (jangan pakai minyak makan) jika sudah hangus angkat kemudian giling hingga halus, cara meminumnya adalah seperti menyeduh kopi, yaitu dengan mencampurkan  kira-kira 10 sampai 15 gram bubuk bunga matahari diseduh menggunakan air hangat, beri gula sedikit, di minum 3 kali sehari, pada saat minum yang pertama usahakan badan berkeringat walaupun tanpa selimut.

Demikianlah artikel saya tentang Bunga Matahari Berkhasiat Obat kali ini, semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.

AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar