-->

“Rebab” Alat Musik Khas Jawa Tengah dan Jawa Timur

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah dan Jawa Timur “Rebab”
Create by http://www.kamerabudaya.com

Media Pendidikan-Rebab adalah alat musik tradisional dari pulau Jawa, alat musik tradisional ini di buat dengan bahan utama kayu, selain ada kesamaan dalam cara memainkan alat ini, alat musik rebab juga memiliki  bentuk yang hampir mirip dengan biola, namun wadah gema pada alat musik ini di tutup dengan kulit, jadi tidak tampak ada lubang di bagian depan dawai.

Alat musik tradisional hanya memiliki dua buah dawai saja dan memiliki tangga nada pelog dan slendro dan biasanya alat musik ini di mainkan secara bersamaan dengan musik gamelan yang juga memiliki nada dasar pelog atau slendro.

Alat musik tradisional Rebab memiliki beberapa bagian diantaranya :

* Kupingan, adalah alat stem untuk menyetel dawai.
* Menur, menur dalam bagian kepala alat musik rebab.
* Palemahan atau sangga buana, adalah bagian penyangga yang berada di bawah rebab dan biasanya saat di mainkan bagian pelemahan ditempelkan pada tanah atau lantai.
* Jeneng, jeneng adalah bagian leher rebab.
* Rangkung. Rangkung adalah bagian kayu penggesek rebab.
* Yoga , yoga adalah tali yang terpasang pada bagian rangkung, dan ini di gunakan sebagai penggesek dawai rebab, yoga pada umumnya  terbuat dari rambut ekor kuda. Dua buah dawai yang dimiliki alat music tradisional ini di sebut Lara Nangis (dawai dengan nada tinggi) sedangkan Jindra (dawai dengan nada rendah).

Selain sebagai alat music khas Jawa, alat music Rebab juga dapat di jumpai di daerah-daerah lain, seperti :
Bali, Kalimantan Selatan dan Aceh, untuk daerah Aceh perbedaannya ada pada jumlah dawai nya, di aceh memiliki tiga helai dawai.

Demikianlah artikel tentang Alat musik tradisional Jawa “Rebab”  saya kali ini semoga bermanfaat, salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar