-->

Inilah Manfaat Batu Bara Bagi Manusia

Batu Bara

     Batu Bara merupakan barang tambang berasal dari fosil-fosil tumbuhan maupun hewan yang terpendam di dalam bumi berjuta-juta tahun yang lalu, sisa-sisa tumbuhan itu mengalami pergeseran posisi hingga kerak bumi sehingga benda-benda tersebut terkubur hingga sangat dalam, dan selanjutnya timbunan tersebut mendapatkan suhu dan tekanan yang sangat tinggi dan pada akhirnya menyebabkan tumpukan material tersebut mengalami perubahan fisika dan kimiawi dan merubah nya menjadi bebatuan yang disebut batu bara.

Batu bara memiliki beragam manfaat yang diantaranya adalah sebagai :

1.  Batu bara dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar bagi pembangkit  listrik,  bahan baku untuk mengolah besi dan baja, bahan bakar untuk pabrik pembuatan kertas, bahan bakar pabrik semen, bahan bakar untuk berbagai macam mesin industri.
2.  Batu bara dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan karbon   teraktivasi, serta karbon dan juga metal silikon.
3.  Serta hasil sampingan dari batu bara ini dapat diolah menjadi berbagai macam bahan kimia.

Batu bara yang telah dimurnikan dapat dipergunakan sebagai bahan kimia berupa kreosot, naftalen, fenol serta benzena.
Gas amoniak yang diambil dari tungku kokas dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan garam amoniak, asam nitrat, serta berbagai macam pupuk tanaman.

Sementara itu terdapat ribuan produk yang lain yang juga menggunakan komponen batu bara di dalamnya, batu bara sampingan tersebut dapat dijadikan sebagai produk-produk seperti sabun, aspirin, zat pewarna, zat pelarut, fiber, rayon, nilon dan plastik.


Banyak sekali bukan manfaat batu bara ini, demikian semoga memberi manfaat dan salam Media Edukatif.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar