-->

Tanaman Sagu

Tanaman Sagu

Sagu adalah salah satu bahan makanan pokok yang masih digunakan oleh beberapa daerah di Indonesia, terutama Indonesia bagian timur seperti Papua dan Maluku yang pada umumnya bertempat tinggal di daerah pesisir, sagu yang telah diolah disebut bapeda, adapun bentuknya seperti lem, dan bapeda inilah yang menjadi salah satu makan pokok bagi masyarakat Papua dan Maluku.

Pohon sagu sangat baik tumbuh didaerah dengan ketinggian kurang lebih 700 mdpl, dan tanaman sagu ini juga dapat tumbuh dengan mudah di daerah rawa-rawa atau di sepanjang tepi sungai,  pohon sagu dapat tumbuh hingga ketinggian 20 sampai 30 meter.

Ditinjau dari bentuk batang dan daunnya, tanaman sagu ini juga termasuk kedalam kelompok palem-paleman, batangnya berbentuk selinder dan biasanya tumbuh hingga 15 meter, dan batang sagu ini merupakan komponen terpenting sebab di dalam rongga batang sagu inilah terdapat karbohidrat serta cadangan makanan tersimpan, sedangkan bentuk dari daun tanaman sagu ini adalah berbentuk menyirip dengan bagian ujung berbentuk runcing.

Untuk pemanenan pohom sagu haruslah hingga mencapai waktu yang cukup relative lama, dan biasanya sejak penanaman hingga penebangan membutuhkan waktu 3 hingga 5 tahun, pada bagian pangkal pohon sagu akan diperas dan dijadikan sebagai tepung sagu, seperti apa alur pengolahan tanaman sagu, berikut penjelasannya :

a.      Yang pertama pohon sagu di tebang hingga tersisa bagian batangnya saja.
b.     Selanjutnya batang sagu dibelah memanjang menjadi dua bagian.
c.      Pada bagian lantai pohon sagu dikikis menjadi serpihan halus, atau bisa juga dengan di parut,
d.     Setelah batang sagu sudah halus langkah selanjutnya diperas dengan di tambahkan air secukupnya, ada pula yang memerasnya menggunakan kaki dengan cara di injak-injak, dan air perasan diarahkan ke sebuah wadah yang selanjutnya air perasan dibiarkan selama satu malam agar mengendap dan endapan tersebut yang akan menjadi tepung sagu yang dapat diolah menjadi makanan pokok.



Demikianlah penjelasan tentang sagu, mohon maaf bila terdapat kesalahan sekian dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar