-->

Penjelasan Tentang Seni Rupa Terapan dan Murni

Seni rupa Terapan dan Murni

            Terdapat banyak sekali jenis-jenis seni rupa, menurut fungsinya seni rupa ini terbagi dua kelompok, yaitu seni rupa terapan  dan seni rupa murni, seni rupa murni memiliki tujuan sebagai ungkapan seorang seniman atau perupanya, dan biasanya seni rupa ini difungsikan sebagai hiasan saja. Sedangkan seni rupa terapan diwujudkan dalam bentuk benda-benda yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya seni rupa terapan ini diterapkan pada benda-benda seperti rumah adat, senjata tradisional, peralatan sehari-hari dan lain-lain.

      1.     Berikut ini adalah contoh seni rupa terapan :
      A.    Rumah dan Bangunan
Setiap daerah memiliki beraneka ragam model rumah adat, hal ini tentu disesuaikan dengan kondisi geografis dimana rumah tersebut dibuat, dan desain rumah adat ini ada yang berupa rumah panggung, da nada pula rumah biasa yang tidak didesain panggung.

Baca Juga :

      B.    Kain Tradisional
Kain atau pakaian adalah benda yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari, dan kain ini biasanya sebagai busana atau pakaian, secara umum setiap unsur seni rupa pada pakaian tiap daerah memiliki ciri-ciri berbeda beda, dan ornamen serta motif pada setiap pakaian itulah yang membedakan antara pakaian adat daerah satu dengan yang lain, namun objek atau ornamen nya terkadang ada juga yang hampir sama.

Baca Juga :

      C.     Senjata Tradisional
Senjata tradisional setiap daerah , biasanya digunakan sebagai perlindungan diri, berperang dan ada pula yang menggunakannya sebagai peralatan yang membatu pekerjaannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti apa macam-macam senjata tradisional yang ada di Indonesia baca berikut ini :

Baca Juga :

      D.    Alat Musik Daerah.
Beberapa alat musik di setiap daerah juga merupakan seni rupa terapan, terdapat banyak sekali model alat musik di Negara kita, hampir setiap daerah memiliki jenis alat musik yang berbeda-beda satu sama lain, seperti apa keragaman alat musik yang ada di Indonesia baca penjelasannya di bawah ini :

Baca Juga :

      2.     Berikut Ini Adalah Contoh Seni Rupa Murni :
Seni rupa murni adalah seni rupa yang digunakan sebagai hiasan, seni rupa murni di ciptakan berdasarkan imajinasi setiap pembuatnya, contoh seni rupa murni yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah berupa lukisan, patung, ukiran dan lain-lain.

Nah itulah tadi penjelasan dan contoh seni rupa terapan dan seni rupa murni, semoga bermanfaat bagi kita semua sekian dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar