-->

Keunikan Alat Musik Papua Barat

Musik Papua Barat Guoto dan Tifa
Sesuai dengan namanya Papua Barat merupakan provinsi yang letaknya di ujung barat Pulau Papua, dan beribukota di Manokwari, sebelum menjadi Papua Barat, sebelumnya provinsi ini bernama Irian Jaya Barat yang ditetapkan Tahun 1999 silam, nama kini berdasarkan permendagri no 4 tahun 2007 kini provinsi ini namanya dirubah menjadi Papua Barat.

Provinsi Papua Barat ini juga memiliki alat musik tradisional yang tak kalah unik dengan yang di miliki daerah lain, nah seperti apa keunikan alat musik tersebut berikut akan admin bahas beberapa diantaranya.


1. Alat Musik Guoto Papua Barat
Alat Musik Guoto Papua Barat merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, bahan dasar dari alat musik tersebut adalah dari bambu atau kayu, senar serta kulit binatang sebagai membrannya. sebuah pemandangan langka melihat pertunjukan alat musik Guoto ini.


2. Alat Musik Tifa Papua Barat
Tifa adalah alat musik  tradisional yang berasal dari daerah Papua Barat. Tifa memiliki bentuk seperti gendang tetapi lebih kecil di mainkan dengan cara di sandang atau di pengang, kemudian dipukul menggunakan alat pukul, tetapi ada juga yang memainkannya dengan cara langsung di tepuk menggunakan tangan.

Alat musik Tifa dibuat dengan bahan kayu yang di lubangi pada bagian tengahnya, dan di sisi atas nya di tutup menggunakan bahan kulit, alat music Tifa memiliki panjang ±50 - 70 cm, sedangkan diameter pada bagian tengah nya adalah antara 15 sampai dengan 25cm.


Demikianlah penjelasan tentang alat musik khas Papua Barat kali ini, semoga bermanfaat sekian dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar