-->

Keunikan Alat Musik Kalimantan Tengah

Alat Musik Kalimantan Tengah  Japen, Garantung, dan Katambung

Kalimantan tengah adalah sebuah daerah yang berada di pulau Kalimantan bagian tengah, dan beribukota di Palangka Raya, dan provinsi tersebut sudah ada sejak jaman Soekarno tahun 1957, seperti daerah lainnya provinsi ini juga memiliki keanekaragaman budaya yang salah satunya adalah di bidang musik tradisional, dan berikut ini admin akan jelaskan 3 alat musik tradisional dari Kalimantan tengah, berikut penjelasan singkatnya ;

1. Japen
Japen merupakan salah satu alat musik tradisional khas provinsi Kalimantan tengah, dan alat musik tersebut sudah sangat popular di kalangan masyarakat, alat musik Japen ini dimainkan degan cara dipetik dan dilengkapi dengan dawai mirip seperti gitar, serta dihiasi dengan ukiran khas Kalimantan tengah, hal ini bertanda bahwa alat musik tersebut merupakan alat musik yang berasal dari provinsi Kalimantan Tengah.

Selain bentuknya yang unik seperti gitar, japen ini juga memiliki suara yang justru mirip dengan alat musik kecapi, suara petikan yang di keluarkan mirip sekali dengan petikan yang  khas Melalui-Tionghoa.

2. Garantung
Yang berikutnya adalah Garantung, garantung  adalah alat musik tradisional khas Kalimantan Tengah , dan pada umumnya sering digunakan oleh masyarakat suku Dayak asli , alat musik yang bentuknya mirip dengan gong jawa ini termasuk jenis idiofon. Adapun bahan pembuatan dari garantung tersebut adalah logam campuran antara kuningan dan perunggu.


2. Katambung
Katambung adalah alat musik jenis perkusi, yang bentuknya mirip dengan tifa dari papua , alat musik ini memiliki panjang sekitar 75cm dan dilengkapi dengan membran dari kulit binatang pada bagian sisi atasnya dan kulit binatang tersebut di ikat menggunakan rotan agar tidak mudah kendur dan lepas, bahan dasarnya adalah kayu dan di mainkan dengan cara di pukul atau ditepuk menggunakan tangan. Pada umumnya alat musik ini sudah ada sejak jaman dahulu, dan sering digunakan oleh masyarakat suku Dayak. Alat musik katabung biasanya digunakan saat ada  upacara besar atau Gawi Belom dan Gawi Matey.


Untuk fungsinya sendiri juga beragam, hal ini tergantung pada jenis upacaranya yang akan digelar. Namun umumnya pada upacara Gawi Belom biasanya alat musik ini difungsikan sebagai iringan penyambutan tamu, sedangkan pada  upacara Gawi Matey alat musik ini hanya digunakan saat upacara kematian dan dimainkan dalam suasana duka dan hening. Alat musik katambung standarnya memiliki ukuran yang beragam, dan biasanya dimainkan oleh 5 sampai 7 orang.


Demikianlah penjelasan singkat tentang alat musik tradisional khas Kalimantan tengah kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, sekian dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar