-->

Alat Musik Tradisional Provinsi Kalimantan Selatan-Panting

Alat Musik-Panting
          Panting adalah alat musik jenis gambus yang berasal dari Provinsi Kalimantan selatan, dan dimainkan dengan cara dipetik, alat musik ini biasanya hanya dimainkan oleh masyarakat suku banjar di kalsel.

Awalnya alat musik panting ini hanya dimainkan secara tunggal, setelah mengikuti perkembangan jaman kini alat musik petik dengan jumlah 3 dawai tersebut dapat dimainkan dan dipadukan dengan alat musik lain seperti, gendang, gong, biola dan babun, walaupun demikian suara Panting tetap mendominasi.

Alat musik panting khas Kalimantan selatan ini awalnya diperkenalkan oleh seorang seniman ternama disana yaitu bapak A.Sarbani, alat musik ini sering ditampilkan pada acara-acara adat yang diselenggarakan di Kalimantan Selatan Banjar Masin, yaitu pada saat acara pernikahan, dan juga dapat di jadikan sarana penyambung silaturahmi antar masyarakat yang ada di daerah Banjar.

Sedangkan sair dan lagu yang diiringi dengan panting ini biasanya lagu-lagu yang bersifat nasehat, dan lagunya tidak menggunakan refrain, sebab lagu yang di bawakan berupa sair lagu pantun, saat menampilkan alat musik ini biasanya para pemainnya memakai busana adat khas Banjar Masin Kalimantan Selatan.


Demikianlah penjelasan tentang alat musik tradisional Panting-Kalimantan Selatan  kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua sekian dan Salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar