-->

Panduan Sukses Budidaya Buah Sirsak atau Nangka Belanda

Budidaya Buah Sirsak

Media Pendidikan-Tahukah kamu apa itu sirsak? Sirsak juga sering disebut nangka belanda atau nangka seberang. Mengapa demikian, pasalnya buah ini sering digemari oleh orang orang pendatang. Pada saat ini buah sirsak menjadi salah satu buah yang suka dipakai bahan baku kue, seperti kue wajit dan sebagainya.

1. Cara Bertanam
A. Pemilihan
Bibit adalah cikal bakal tanaman yang akan tumbuh besar dan pada akhirnya akan menghasilkan buah yang kita inginkan. Untuk mendapatkan bibit, kita cukup membeli dan pedagang bibit ataupun dengan cara membikin bibit sendiri.

Karakter bibit yang baik adalah bibit yang keadaan tanaman tersebut kelihatan segar dan tidak layu. Untuk pemula yang berminat menanam tanaman buah sirsak ini, kita cukup membeli dan para pedagang bibit tanaman, kemudian kita tanyakan bibit yang mana mempunyai kwalitas bibit yang baik.

B. Persiapan Lahan
Dalam persiapan lahan kita dituntut sedikit lebih rajin, karena dalam persiapan lahan ini kita mesti mengerjakan beberapa pekerjaan yang mungkin kita anggap agak sedikit berat, mengapa dikatakan berat? Karena pada persiapan lahan ini, kita dituntut beberapa kerjaan, seperti mencangkul, membersihkan rumput, dan sebagainya.

Dalam menanam tanaman sirsak ini, lahan yang mempunyai kondisi yang kurang begitu baik, seperti lahan berbatu hal ini bukan hal penghambat, karena jenis tanaman ini asalkan prioritasnya bagus.

C. Penanaman
Setelah lubang tanam dibuat, bibit sirsak yang sudah tersedia segera dimasukan ke dalam lubang tadi dengan ukuran yang masuk ke tanah sepanjang 10 cm, dan segera ditutupi lagi dengan tanah bekas galian lubang tadi.

Setelah bibit tertancap di tanah, kemudian disiram sama air, ini dilakukan bertujuan bibit yang baru ditanam tadi dapat terhimpit oleh tanah di sampingnya. Dengan demikian bibit tidak akan mengalami dengan yang namanya stres.

2. Pemeliharaan
Jenis tanaman sirsak ini tidak terlalu rumit dalam hal pemeliharaannya. Kita cukup mengontrol kebutuhan airnya.

Jika tanaman terlihat tumbuh kurang sehat, kita dapat segera memberikan tindakan positif terhadap tanaman tersebut yaitu dengan memberikan pupuk.
Pupuk yang diberikan sesuai yang dibutuhkan dengan yang dibutuhkan tanaman yang bersangkutan. Adapun beberapa jenis pupuk yang dapat kita pakai adalah pupuk organik dan pupuk anorganik, di bawah ini adalah tabel kandungan pupuk yang terdiri dan Tenis pupuk organik dan pupuk anorganik.


Tabel: Sumber Pupuk organik dan anorganik

Tabel: Dosis Pupuk N, P dan K pada sirsak tiap tahun (populasi tanaman 40 pohon per hektar)

Demikianlah penjelasan tentang Cara Budidaya Buah Sirsak Yang Tepat kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar