-->

34 Senjata Tradisional Indonesia Lengkap Gambar dan Pengertian Bagian 4

34 Senjata Tradisional Di Indonesia Bagian 4


Media Pendidikan- Indonesia adalah sebuah Negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, dan di setiap daerah di Indonesia memiliki bermacam macam budaya warisan dari para pendahulu kita, semua warisan nenek moyang ini perlu kita lestarikan agar tetap terjaga dan lestari, semua budaya yang ada di Indonesia adalah merupakan salah satu kekayaan budaya yang di miliki oleh Negara Indonesia, dan Negara Indonesia tercatat sebagai Negara yang memiliki keaneka ragaman kebudayaan terbesar di dunia, dan ini adalah sebuah kebanggaan bagi bangsa kita, kekayaan budaya tersebut diantaranya adalah senjata tradisional dari setiap daerah yang tersebar dari sabang sampai meraoke, berikut ini akan penjelasan senjata tradisional dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, dan di sini saya buat dalam 5 bagian.

      22.           Senjata Tradisional Sulawesi Barat
Sulawesi  Barat merupakan Provinsi asil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan dimana  Provinsi Sulawesi  Barat ini terbentuk pada tahun 2000 lalu,
Etnis yang mendiami Provinsi Sulawesi  Barat adalah masyarakat suku Mandar dan Bugis.
Dengan demikian budaya masyarakat Sulawesi  Barat juga tidak jauh berbeda dengan yang ada di Sulawesi Selatan, hal itu tercermin pada salah satu senjata tradisional Badik nya, dari bentuk fisik dan fungsi Badik Sulawesi  Barat ini sama dengan badik yang di miliki oleh provinsi Sulawesi Selatan.

      23.           Pasatimpo Senjata Tradisional Sulawesi Tengah
Pasatimpo adalah senjata tradisional yang berasal dari Sulawesi Tengah.
Pasatimpo memiliki ciri-ciri jenis senjata tikam seperti keris dan bagian tangkai bengkok ke bawah.
Dahulu senjata ini di gunakan sebagai alat untuk memotong hewan buruan dan juga sebagai sarana perlindungan diri.
Selain itu Pasatimpo juga dipercaya memiliki kekuatan magis, sehingga  Pasatimpo juga difungsikan sebagai media pengusir roh jahat yang di bawakan dalam tari-tarian penyembuh.
Selain di gunakan seperti di atas kini Pasatimpo digunakan sebagai aksesoris pakaian adat, atau pelengkap pakaian penari tradisional,

      24.           Keris Buton Senjata Tradisional Sulawesi Tenggara
Keris khas suku Buton di Sulawesi Tenggara menjadikan keris sebagai senjata tradisionalnya, Keris Buton bentuk dan fungsinya sma dengan keris-keris lain pada umumnya, tetapi, senjata khas Sulawesi Tenggara ini memiliki ornamen warna keemasan yang lebih kental.
Pola geometris yang disematkan pada Keris Buton ini cukup banyak, dan itu sebagai penambah pamor dari Keris Butonini.
Gagang Keris Buton terbuat dari kayu, keris ini memiliki ukiran dengan berbentuk objek manusia.
Dahulu Keris ini digunakan oleh kalangan kerajaan saja, tapi kini keris ini digunakan sebagai perlengkapan pakaian adat yang dikenakan oleh pasangan pengantin laki-laki dari Sulawesi Tenggara.


      
     25.           Pedang Bara Sangihe Senjata Tradisional Sulawesi Utara
Pedang Bara Sangihe adalah senjata tradisional khas  Sulawesi Utara
Senjata Pedang Bara Sangihe memiliki ciri-ciri bentuk yang unik yaitu bentuknya mirip dengan bentuk buaya, yaitu terlihat jelas pada bagian ujung Pedang Bara Sangihe bercabang dan berbentuk gerigi yang mirip dengan mulut buaya.
Tangkainya terbuat dari kayu dan bentuk pada ujung tangkai juga terdapat cabang.
Pada jaman dahulu Pedang Bara Sangihe pernah digunakan oleh salah satu pahlawan Nasional dari Sulawesi Utara, beliau adalah Hengkeng U Nang yang lahir pada tahun 1590, dan Pedang Bara Sangihe dipercaya  sudah ada sejak zaman beliau.

       26.           Wamilo Senjata Tradisional Gorontalo
Wamilo adalah senjata tradional yang berasal dari Gorontalo.
Wamilo memiliki ciri-ciri bentuknya menyerupai golok, akan tapi pada bagian ujung bilahnya terkesan agak melengkung ke arah bawah.
Wamilo biasanya membawanya diselipkan pada sarung yang dikenakan dipinggangnya, dan senjata tradisional ini hanya digunakan sebagai sarana perlindungan diri saat bekerja di ladang atau saat berburu di hutan.

      27.           Parang Salawaku Senjata Tradisional Maluku
Parang Salawaku adalah senjata tradisional Masyarakat Maluku,
Senjata Parang Salawaku memiliki ciri-ciri fisik berbentuk pisau atau parang panjang yang terbuat dari bahan besi dengan panjang 1 meter dan tangkainya terbuat dari dari kayu gapusa dengan hiasan etnik dari kulit kerang.
Pada zaman dahulu Parang Sawalaku digunakan sebagai alat perang tetapi kini digunakan sebagai aksesoris penari Cakalele sebagai perlambang kegagahan para kaum pria.
Parang Salawaku kini di bubuhi logo Pemerintah Provinsi Maluku dan bagi  masyarakat Maluku, senjata Parang Salawaku  adalah merupakan simbol kemerdekaan.

      28.           Parang Salawaku Senjata Tradisional Maluku Utara
Provinsi Maluku Utara juga merupakan provinsi pemekaran dari Provinsi Maluku tahu 2002 silam. dan Masyarakat Maluku utara ini memiliki kesamaan  budaya dengan masyarakat provinsi Maluku, sehingga senjata tradisional yang di gunakan oleh provinsi ini juga sama, dan tidak memiliki perbedaan dengan yang di miliki oleh provinsi Maluku.

Baca Juga :


AdSense
Tags:
Related Posts
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar