-->

Merawat Cartridge Printer Canon Agar Awet dan Tahan Lama.

     Sahabat Media Pendidikan di manapun berada, posting kali ini saya akan membagikan tips perawatan Cartridge Canon iP2770/iP2772/MP237/MP245/MP258//MP268/MP276/MP287/MP486/MP496/MP497/MX328/MX338/MX347/MX357/MX366/MX416/MX426 Agar Awet dan Tahan Lama.

Saya bias memberikan tips ini karena saya sudah buktikan sendiri Cartridge yang saya miliki awet hingga jalan 3 tahun ini belum pernah bermasalah padahal printer digunakan setiap hari baik hitam putih maupun berwarna.
Printer yang saya gunakan iP2770 dan MP287 jenis Cartridge printer ini sama dengan milik Canon iP2772/MP237/MP245/MP258//MP268/MP276/MP486/MP496/MP497/MX328/MX338/ MX347/MX357/MX366/MX416/MX426.

Berapa lama ketahan Cartridge printer canon ?
Menurut sumber yang saya dapat dari media-media internet ketahanan Cartridge ini bias bertahan hingga 20.000 atau 40 rim print out, pernyataan itu saya kira benar asalkan kita bias merawat Cartridge dengan baik dan benar.
Lalu bagaimana dengan yang menggunakan baru 200 lembar Cartridge sudah rusak atau warna tidak keluar ?
Nah inilah yang akan saya bahas di sini,
Sebelum kita membahasnya lebih lanjut mari kita ketahui dulu bagian-bagian Cartridge di bawah ini;


Baiklah sekarang anda sudah mengerti bagian-bagian Cartridge yang akan kita bahas,
Cara merawat Cartridge yang pertama adalah, berkaitan dengan pemakaian printer
Gunakan printer setiap hari atau setidaknya satu kali dalam sehari hal ini bertujuan agar tinta yang masih tertinggal pada Head Cartridge tidak sampai mengering, jika sampai mongering ini akan berakibat warna tidak dapat keluar dan hasil cetakan akan ber garis-garis tidak sempuran,
Cek secara berkala bahwa tinta di dalam Cartridge anda tidak kosong, apabila tinta di dalam Cartridge sampai kosong pada saat proses cetak dokumen/foto sedang berlangsung ini akan berakibat fatal Cartridge menjadi rusak  dan tidak bias dipakai lagi tentu kita harus membelinya yang baru.

Mengapa tinta di dalam Cartridge tidak boleh kosong ?
Karena selain sebagi sumber warna tinta juga memiliki peran sebagai pendingin bagian Head Cartridge, di bagian Head Cartridge tersebut terdapat lubang-lubang halus yang berguna untuk menyemburkan tinta, jadi jika Head panas saat proses mencetak sedang berlangsung ini akan mengakibatkan lubang kecil tempat keluarnya tinta akan panas dan memuai sehingga lubang itu semakin meyempit dan menyumbat sirkulasi tinta akibatnya head rusak dan Cartridge tidak bias digunakan lagi.

Bagaimana cara pemakaina printer yang benar?
Setiap  akan mencetak dokumen pastikan tinta di dalam Cartridge tidak kosong, banyak kasus kerusakan Cartridge diakibatkan karena tinta didalam Cartridge mengalami kekosongan.

Cara cek tinta masih cukup atau sudah habis adalah dengan memprediksi segala pemakaian kita selama ini, menambahkan tabung atau tangki ink isi ulang yang bukan standar pabrik tidak menjamin Cartridge akan terus terisi tinta, karena terkadang ada kesalahan pada pemasangan selang tinta yang dapat menyebabkan tinta banjir atau bocor, kalau menurut saya tidak perlu ditambah tangki ink karena jika kita tidak teliti bisa beresiko,terkecuali tangki ink memang sudah bawaan pabrikan tidak itu tak  masalah. tangki ink bukan standar pabrik justru akan menyebabkan tinta banjir. kerja motor printer menjadi berat dna karet belting printer cepat melar.

Cukup menggunakan Cartridge saja dan selalu rajin cek isi tintanya.
Untuk pengisian tinta isi ulang gunakan tinta yang semerek secara terus menerus, sering gonta-ganti merek tinta dapat menyebabkan kerusakan Cartridge. Tinta menjadi beku di dalam Cartridge.


Lubang isi ulang tinta pada Cartridge buat agak besar, lebih besar dari jarum suntik pengisian tinta, ini bertujuan agar saat pengisian tinta udara di dalam Cartridge dapat keluar lewat lubang Cartridge itu juga, hal ini untuk mengurangi tekanan udara kearah head Cartridge, jika lubang isi ulang sempit, tekanan udara akan kuat dan dapat menyebabkan di bagian head bocor, tinta akan menetes secara terus-menerus dan menyebabkan kerusakan fatal.


Janagan samapai salah posisi mengisi tinta isikan tinta ke lubang yang benar.
Jeda atau istirahatkan printer kurang lebih 5 menit setelah mencetak dengan jumlah besar,  Setiap setelah mencetak 50 lembar printer dijeda selama 5 menit, lakukan hal ini secara teratur untuk menghindari head panas dan tinta di dalam Cartridge masak dan membeku, sesekali tambahkan tintanya,pengisian tinta jangan tunggu sampai tinta habis baru di isi, sebelum menambahkan tinta kocok dulu botol tinta agar kandunag nya merata, setelah tinta terisi kedalam Cartridge sebelum dimasukan kedalam printer Kocok Cartridge nya terlebih dahulu baru setelah itu di pasang pada printer.

Bagaimana cara mengatasi tinta di Head kering karna printer jarang dipakai ?
Ini berbeda kasusnya dengan tinta pada head Cartridge kering karena tinta Cartridge kosong.
Untuk kasus tinta di Head kering karna printer jarang dipakai Mudah-mudahan Cartridge masih bias di selamatkan, simak di bawah ini cara mengatasinya;

Cara memperbaiki Head Cartridge  yang terlanjur kering dikarenakan printer jarang dipakai
Jika anda mengalami Head Cartridge sudah kering karena Printer jarang di pakai, solusinya adalah sebagai berikut ;


Buka Cartridge di printer anda, cara memgangnya usahakan jangan sampai menyentuh bagian Chip dan Head Cartridge, siapkan piring kecil dan tisu , lipat tisu hingga kecil ber ukuran 5 cm x 5 cm atau sesuai selera anda,kemudian basahi tisu dengan air hangat kemudian letakkan tisu yang sudah di basahi air hangat tadi kedalam piring kecil, tambahkan air hangat ke dalam piring kecil itu dengan ketinggian sama dengan tisu yang kita basahi tadi. Lalu letakkan Cartridge itu di atas tisu tersebut dengan posisi Head berada tepat di atas tisu yang basah itu,


Tunggu kurang lebih 10 menit, setelah itu angkat dan lap menggunakan tisu yang sudah di basahi air dingin, cara memberihkannya jangan sekali-kali mengosok bagian Head,




Dibagian Head ini sangat sensitive jadi cara membersihkannya cukup dengan menempelkan tisu basah secara perlahan-lahan di atas permukaan head tersebut ingat jangan di gosok ,
Untuk membersihan Chip nya gunakan karet penghapus gosok perlahan-lahan kemudian lap dengan tisu kering.
Selalu pastikan tinta di dalam Cartridge tidak kosong,dan pasang kembali Cartridge yang sudah di bersihkan tadi ke printer anda silakan coba gunakan untu mencetak dokumen atau foto mudah-mudahan sudah lancar.
Demikianlah tips perawatan Cartridge yang saya buat ini, kurang dan lebihnya tentang cara penyampaianya saya mohon dimaafkan,

Terimakasih Semoga bermanfaat.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar