-->

34 Senjata Tradisional Di Indonesia Lengkap Gambar dan Pengertian Bagian 1

34 Senjata Tradisional Di Indonesia Bagian 1

Media Pendidikan - Indonesia adalah sebuah Negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, dan di setiap daerah di Indonesia memiliki bermacam macam budaya warisan dari para pendahulu kita, semua warisan nenek moyang ini perlu kita lestarikan agar tetap terjaga dan lestari, semua budaya yang ada di Indonesia adalah merupakan salah satu kekayaan budaya yang di miliki oleh Negara Indonesia, dan Negara Indonesia tercatat sebagai Negara yang memiliki keaneka ragaman kebudayaan terbesar di dunia, dan ini adalah sebuah kebanggaan bagi bangsa kita, kekayaan budaya tersebut diantaranya adalah senjata tradisional dari setiap daerah yang tersebar dari sabang sampai meraoke, berikut ini akan penjelasan senjata tradisional dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, dan di sini saya buat dalam 5 bagian.


     1.     Rencong  Senjata Tradisional Aceh
Rencong atau bahasa Aceh Rintjong merupakan senjata berbentuk pedang namun memiliki ukuran kecil atau pendek, gagang Rencong di buat melengkung 90, menurut sejarah senjata Rencong sudah ada sejak Kesultanan Aceh yang kala itu di pimpin oleh Sultan Ali Mughayat Syah, dahulu senjata ini dipergunakan sebagai senjata perlindungan bagi kaum bangsawan saja, namun sekarang memiliki fungsi sebagai pelengkap pakaian adat Ulee Balang khas Aceh.
Saking populernya senjata tradisional yang satu ini, sampai sampai masyarakat dunia menjuluki Provinsi aceh sebagai nama Tanah Rencong.

      2.     Piso Gaja Dompak Senjata Tradisional Sumatera Utara

Piso Gaja Dompak adalah salah satu senjata khas daerah Sumatra Utara atau adat Batak, senjata tradisional ini memiliki bentuk pisau dengan memiliki ukiran yang menampang pada bagian tangkai dan sarung senjata ini dan ukiran nya mirip dengan bentuk belalai gajah, seperti halanya senjata tradisional daerah lain, dimana senjata tradisional Piso Gaja Dompak ini dahulunya hanya digunakan oleh kalangan kerajaan saja, senjata ini sudah ada sejak kepemimpinan sang raja Batak Raja Sisingamaraja I, Semua senjata tradisional di yakini memiliki kekuatan supranatural termasuk Piso Gaja Dompak ini, sehingga pembuatannya juga terbatas, dan di gunakan secara turun temurun.

      3.     Pedang Jenawi Senjata Tradisional Riau
Pedang Jenawi Adalah senjata tradisional dari Riau, Pedang Jenawi memiliki bentuk pedang panjang, adpan pada jaman dahulu senjata Pedang Jenawi digunakan sebagai senjata perang bagi para panglima perang kerajaan Sriwijaya.
Dan keberadaan Pedang Jenawi yang asli kini mulai langka, karena banyak pera kolektor yang memburu nya, selain senjata Pedang Jenawi Riau juga masih memiliki banyak jenis senjata tradisional yang lain, diantaranya, Badik, Sabit, belati, keris ,beladu dan tombak, kojou,jembia dan lain-lain.


     
     4.     Karih Senjata Tradisional Sumatera Barat
Karih adalah senjata tradisional Suku Minang Kabau Sumatra Barat, ciri-ciri senjata tradisional dari Sumbar ini adalah memiliki bentuk seperti keris namun tidak memiliki lekukan, melainkan dibagian mata Karih lurus saja tanpa kelok-kelok.
Dahulu senjata tradisional karih di gunakan sebagai alat perlindungan bagi binatang buas dan lain-lain, namun kini senjata tradisional Karih di gunakan sebagai perlengkapan pakaian adat Sumatra Barat Teluk Belanga, atau pakaian pengantin adat Sumatra Barat.

      5.     Badik Tumbuk Lado Senjata Tradisional Kepulauan Riau
Kepulauan Riau adalah Provinsi hasil pemekaran Dari Provinsi Riau, Badik Tumbuk Lado adalah senjata senjata khas Daerah ini, Badik Tumbuk Lado adalah senjata yang memiliki bentuk panjang 25 sampai 30 cm, lebar 3 sampai 4 cm, pada masa dahulu senjata ini di gunakan sebagai senjata perlindungan diri saat berburu, namun sekarang senjata ini di gunakan sebagai perlengkapan pakaian adat Kepulauan Riau, serta pakaian adat yang dikenakan pada acara pernikahan.

      6.     Siwar Panjang Senjata Tradisional Kepulauan Bangka Belitung
Siwar Panjang adalah senjata tradisional khas Bangka Belitung, ciri-ciri senjata tradisional ini adalah pedang panjang dengan bentuk lurus, Siwar Panjang sangat popular di kancah Internasional, karena Siwar Panjang memiliki dua mata pedang yang tajam nya seperti pisau silet.
Siwar Panjang dahulu digunakan sebagai senjata untuk berperang melawan penjajah.

      7.     Badik Tumbuk Lado Senjata Tradisional Jambi
Badik Tumbuk Lado adalah nama senjata tradisional dari Jambi, Badik Tumbuk Lado adalah senjata tradisional yang juga sama dengan yang di miliki Oleh Masyarakat Kepulauan Riau, dan antara masyarakat Jambi dengan Kepulauan Riau secara hitoris memiliki persaman Kebudayaan.
Terdapat sedikit sekali perbedaan antara Badik Tumbuk Lado khas Jambi Ini, dimana Badik Tumbuk Lado khas Provinsi Jambi memiliki ukuran yang agak pendek dan ornamen ukirannya lebih banyak, adapun kegunaannya juga sama dengan yang di miliki Kepulauan Riau.

Demikian Semoga Bermanfaat, dan Salam Media Pendidikan

AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar