-->

34 Senjata Tradisional Di Indonesia Lengkap Gambar dan Pengertian Bagian 2

34 Senjata Tradisional Di Indonesia Bagian 2

Media Pendidikan - Indonesia adalah sebuah Negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, dan di setiap daerah di Indonesia memiliki bermacam macam budaya warisan dari para pendahulu kita, semua warisan nenek moyang ini perlu kita lestarikan agar tetap terjaga dan lestari, semua budaya yang ada di Indonesia adalah merupakan salah satu kekayaan budaya yang di miliki oleh Negara Indonesia, dan Negara Indonesia tercatat sebagai Negara yang memiliki keaneka ragaman kebudayaan terbesar di dunia, dan ini adalah sebuah kebanggaan bagi bangsa kita, kekayaan budaya tersebut diantaranya adalah senjata tradisional dari setiap daerah yang tersebar dari sabang sampai meraoke, berikut ini akan penjelasan senjata tradisional dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, dan di sini saya buat dalam 5 bagian.

      8.     Tombak Trisula Senjata Tradisional Sumatera Selatan
Tombak Trisula merupakan senjata tradisional khas daerah Palembang Sumatra Selatan, sesuai dengan namanya Tombak Trisula ini berbentuk pedang kecil terbuat dari bahan baja dan dibagian ujungnya terdapat 3 mata tombak, Tombak Trisula di yakini berasal dari kebudayaan hindu dan budha yang pernah berkembang pada masa kerajaan Sriwijaya kala itu, hal ini terlihat dari mata tombak yang mirip dengan tombak trisula milik Dewa Siwa Hindu.

9.     Badik Senjata Tradisional Bengkulu
Badik adalah senjata tradisional khas daerah Bengkulu,selain senjata Badik ada 2 lagi yang di kenal oleh masyarakat Bengkulu yaitu Kuduk dan Rudus, namun dari tiga jenis yang ada yang paling popular adalah Badik,
Badik ini memiliki bentuk seperti pisau kecil dan memiliki mata satu, pada jaman dahulu Badik digunakan sebagai senjata perlindungan diri, jenis senjata Kuduk berbentuk agak bengkok seperti taji ayam dan memiliki ujung pisau yang tajam dan runcing, sedangkan Rudus berupa pedang panjang yang sangat tajam dan dahulu digunakan sebagai alat perang melawan penjajah.

     10.     Candung , Kekhis, Lading, Terapang Senjata Tradisional Lampung
Dari beberapa jenis senjata tradisional khas Lampung ini Terapang lah yang memiliki keunikan yang berbeda dengan yang lainnya.
Terapang memiliki bentuk seperti keris tetapi lekukannya hampir tidak kelihatan, atau sedikit lekukan, senjata Terapang juga banyak di gunakan oleh suku melayu yang berada di daerah-daerah lain.



     11.     Kujang Senjata Tradisional Jawa Barat
Kujang adalah senjata tradisional Khas Jawa Barat, kujang di perkirakan sudah ada sejak abad 8 Masehi, Kujang dibuat dari bahan baja dan di lengkapi dengan berbagai macam bahan pamor, ciri-ciri lain sejata ini yaitu memiliki berat tidak kurang dari 300gr serta panjangnya kisaran 25 cm.
Kata Kujang terdiri dari dua kata, yaitu Kudihyang yaitu kudi yang memiliki arti manusia sedangkan  Hyang  memiliki arti Tuhan, senjata ini bukan di jadikan sarana perlindungan diri, akan tetapi lebih eksklusif dari itu, karena senjata ini lebih kearah sistematis.

     12.           Kujang khas Banten Senjata Tradisional Banten
Kujang khas Banten ini adalah senjata tradisional khas banten, dimana senjata ini hampir serupa dengan yang di miliki oleh masyarakat Jawa Barat, sebab antara Masyarakat Sunda Banten dengan Sunda Jawa Barat memiliki kedekatan budaya.
Selain masyarakat Jawa Barat, Masyarakat Banten juga menggunakan Kujang yang sama baik itu bentuk, model dan struktur bahannya.

      13.           Golok Senjata Tradisional Jakarta
Golok adalah senjata tradisional suku Betawi yang ada di wilayah Jakarta,
Salah satu cirikhas yang tampak pada masyarakat Betawi ini adalah selalu menyelipkan senjata Golok ini di bagian pinggangnya dan itu ketika mereka memakai pakaian adatnya, dan ini dipakai terutama oleh para pria.
Ada dua kegunaan Golok ini dalam budaya betawi, yang pertama adalah sebagai asesoris atau hiasan untuk pakaian adat, sedangkan satu lagi sebagai senjata tradisional khas Betawi.
Golok memiliki satu mata yang tajam sedang sisi satu lagi tidak, senjata ini juga di lengkapi dengan serangka sebagai tempat golok jika sedang tidak di gunakan.

     14.           Keris Senjata Tradisional Jawa Tengah
Keris adalah senjata tradisional Suku Jawa Tengah, ciri-ciri keris memiliki bentuk lurus dan mengecil kebagian ujungnya, merupakan jenis senjata tikam fisik dari keris ini berkelok-kelok.
Ada beberapa keris yang memiliki serat-serat logam berwarna cerah hal ini adalah sebagai pamor, atau mempercantik penampilan senjata ini, senjata tradisional Khas Jawa Tengah ini di percayai dapat di isi dengan kekuatan Supranatural, dan pada tahun 2015 silam Keris ini telah di akui Dunia dengan telah terdaftarnya sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia di UNESCO.



Demikian Semoga Bermanfaat, dan Salam Media Pendidikan.


AdSense
Tags:
Related Posts
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar