-->

34 Senjata Tradisional Di Indonesia Lengkap Gambar dan Pengertian Bagian 5

34 Senjata Tradisional Di Indonesia Bagian 5


Media Pendidikan - Indonesia adalah sebuah Negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, dan di setiap daerah di Indonesia memiliki bermacam macam budaya warisan dari para pendahulu kita, semua warisan nenek moyang ini perlu kita lestarikan agar tetap terjaga dan lestari, semua budaya yang ada di Indonesia adalah merupakan salah satu kekayaan budaya yang di miliki oleh Negara Indonesia, dan Negara Indonesia tercatat sebagai Negara yang memiliki keaneka ragaman kebudayaan terbesar di dunia, dan ini adalah sebuah kebanggaan bagi bangsa kita, kekayaan budaya tersebut diantaranya adalah senjata tradisional dari setiap daerah yang tersebar dari sabang sampai meraoke, berikut ini akan penjelasan senjata tradisional dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, dan di sini saya buat dalam 5 bagian.

      29.           Senjata Tradisional Bali
Senjata Tradisional khas Bali ini sangat banya sekali diantaranya adalah ; Garot, Caluk, Arit, Udud, Trisula, Panah, Penampad, Gelewang, Tulud, Kis-Kis, Keris, Tombak, Trisula, Panah, Penampad, Tiuk, Taji, Kandik, Caluk, Arit, Udud, Gelewang, Trisula, Panah, Penampad dan lain-lain.
Tetap  di antara semua senjata khas Bali itu, yang memiliki bentuk paling unik serta indah adalah Keris Bali.
Secara Umum, keris Bali memiliki kesamaan dengan keris daerah lainnya. Bedanya pada senjata Keris Bali  ini memiliki beragam ukiran baik itu pada bilah, gagang, ataupun pada sarungnya.
Ukiran yang di sematkan pada Keris Bali berupa bentuk dewa, raksasa, pedande, penari, serta bentuk pertapa hutan, dam pada Keris Bali lain kita juga dapat menemukan keris Bali dengan tahta emas serta batu mulia.

      30.           Tulup Senjata Tradisional Nusa Tenggara Barat
Tulup merupakan senjata tradisional yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat .
Senjata Tulup memiliki ciri-ciri  yang mirip dengan sumpit tetapi ukurannya sedikit lebih panjang, senjata tradisional Tulup biasa digunakan oleh suku Sasak untuk untuk berburu hewan di hutan.
Ciri-ciri yang lain adalah memiliki tangkai panjang dan terbuat dari kayu meranti, sementara itu acar atau pelurunya terbuat dari lidi pohon enau yang bagian ujungnya di runcingkan, dan seperti sumpit, pada ujung ancar biasanya diberi racun mematikan yang didapat dari getah pohon tatar.


      
      31.           Sundu Senjata Tradisional Nusa Tenggara Timur
Sundu atau Sudu merupakan salah satu senjata tradisional yang berasal dari suku Atoni dan suku Sumba di daerah Nusa Tenggara Timur,
Ciri-ciri Senjata Sundu atau Sudu mirip keris tapi memiliki lekukan yang sangat sedikit serta bagian sudutnya tumpul.
Sundu termasuk senjata tikam dan hanya digunakan untuk menyembelih hewan buruan, selain Sundu Masyarakat Nusa Tenggara Timur juga mengenal jenis senjata tradisional lain diantarnya adalah Pisau, dan Senapan Tumbuk, Parang, Saweo, Kampak.

      32.           Pisau Belati Senjata Tradisional Papua Barat
Pisau Belati adalah senjata tradisional yang berasal dari Papua Barat, tetapi senjata ini tidaklah seperti pisau belati yang kita kenal, tetapi Pisau Belati yang satu ini adalah Pisau Belati khas Papua Barat yang di jadikan sebagai senjata tradisional.
Keunikan Pisau Belati ini adalah bahannya terbuat dari tulang kaki burung burung kasuari.
Tulang kaki burung memiliki strukturnya yang kompak dan keras dan awet serta tidak mudah lapuk.
Ornamen penghias Pisau Belati Papua Barat ini adalah  dihiasi dengan bulu burung kasuari di bagian pangkalnya.

      33.           Panah dan Busur Senjata Tradisional Papua
Panah dan Busur adalah senjata tradisional Papua, yang biasanya di gunakan sebagai alat perang antar kampung yang terkadang masih terjadi,
Anak panah dibuat dari bahan bambu dan bagian matanya adalah tulang kanguru, untuk bilah busurnya terbuat dari bambu dan tali rotan sebagai tali busurnya.
Biasanya pada mata panah di beri racun alami yang diambil dari getah pohon sembaru.
Panah dan Busur adalah sepasang alat yang bisa di gunakan sebagai alat untuk perang dan berburu.

      34.           Mandau Senjata Tradisional Kalimantan Utara
Kalimantan Utara adalah Provinsi yang tergolong baru dan ini merupakan pecahan dari provinsi Kalimantan Timur, sehingga senjata tradisionalnya juga masih tergolong sama, dan kultur budayanya juga terbilang sama, baik itu pakaian adatnya, rumah adatnya dan lain-lain.

Baca Juga :
34 Senjata Tradisional Di Indonesia Bagian 1
34 Senjata Tradisional Di Indonesia Bagian 2
34 Senjata Tradisional Di Indonesia Bagian 3
34 Senjata Tradisional Di Indonesia Bagian 4
34 Senjata Tradisional Di Indonesia Bagian 5
Demikian Semoga Bermanfaat, dan Salam Media Pendidikan.

AdSense
Tags:
Related Posts
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar