-->

Membuat Kerajinan Tas Cantik Dari Bahan Karton Bekas

Media Pendidikan-Sahabat metif dimanapun berada, posting saya kali ini adalah tentang cara membuat tas tenteng cantik dari bahan karton bekas, adapun model yang akan kita buat adalah seperti pada gambar di bawah ini :



Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat tas tenteng ini adalah;

Alat :
1.     Gunting
2.     Pisau Cutter
3.     Pola
4.     Penggaris
5.     Pelubang Kertas
6.     arum Kasur

Bahan :
1.     Karton Bekas
2.     Lem Ketas
3.     Kertas Kado
4.     Tali Rapia
5.     Tali Sepatu Bekas
6.     Buku Gambar
7.     Pena/Pensil
8.     Pensil Warna

Sebelum kita membuat dengan jumlah banyak alangkah baiknya kita membuat pola ukuran nya terlebih dahulu, ini bertujuan agar kita tidak susah-susah harus mengukur lagi pada saat pembuatan berikutnya, berikut adalah ukuran dan bentuk pola yang akan kita buat :

    Cara membuat:
    Potong karton sesuai pola yang kita gunakan, untuk membuat satu tas tenteng kita membutuhkan 2 potong karton ukuran 25 cm x 30 cm, sebanyak 2 potong karton ukuran 25 cm x 8 cm untuk bagian sisi kanan dan kiri, dan untuk bagian sisi bawah ukuran 30cm x 8cm sebanyak satu buah.

    Jika potongan-potongan karton yang kita butuhkan sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah mulai menghias nya terlebih dahulu menggunakan kertas kado, potonglah kertas kado, potongan ukuran kertas kado yang kita potong silahkan lebihkan 2cm dari ukuran pola, sisia 2 cm ini nanti akan kita lipat ke bagian belakang karton, setelah kertas kado dipotong lanjutkan dengan memberi lem pada bagian sisi karton secara merata, setelah lem merata tempel kan kertas kado dengan posisi seimbang di tengah, potong sudut kertas kado yang sudah menempel pada karton, dan lanjutkan dengan memberi lem pada bagian kertas kado lalu tempel kan di sisi bagian belakang,tambahkan gambar-gambar lucu yang sudah di buat sebelumnya ke setiap sisi karton, lakukan hal serupa pada sisi koran yang lain.




    Setelah semua karton sudah terhias, langkah selanjutnya ambilah pola penanda jarum kemudian beri tanda titik pada bagian yang nantinya akan kita jahit, khusus pada bagian sisi di bagian atas tidak perlu memberi tanda titik, karena bagian atas tidak kita jahit, tetapi untuk sisi bagian alas bawah semua sisi kita beri tanda titik.

    Setelah semua karton kita beri tanda titik, lanjutkan dengan merangkai dan menjahit setiap bagian-bagian tas tenteng tersebut, jahitan buat seperti memasang tali sepatu seperti gambar di bawah ini :



    Setelah selesai lubagi bagian atas menggunakan pelubang kertas dan pasanglah tali pada bagian lubang, tali tersebut digunakan sebagi penenteng tas tenteng yang kita buat. dan hasilnya seperti gambar di atas.

    Baiklah sahabat Media Edukatif, itulah tadi penjelasan tentang pembuatan tas tenteng menggunakan karton bekas, semoga bermanfaat, dan jangan lupa kunjungi lagi metif.blogspot.com karena masih banyak lagi kreasi-kreasi lain yang nanti akan saya bagikan, baik terima kasih sudah berkunjung, silahkan mencoba dan selamat berkreasi salam Media Pendidikan.

AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar