-->

Johann Carl Friedrich Gauss Tokoh Pngembang Oprasi Hitung Bilangan

Tokoh Pngembang Oprasi Hitung
   Salah satu tokoh yang berjasa dalam perkembangan operasi hitung bilangan adalah Johann Carl Friedrich auss yang biasa disebut Gauss. Dia adalah matematikawan, astronom, dan fisikawan Jerman yang memberikan beragam kontribusi, termasuk teori bilangan, aljabar, statistika, analisis geometri, astronomi, dan optik. Ia dipandang sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa, selain Archimedes dan Isaac ewton. Carl Friedrich Gauss lahir di Brunswick, Duchy of Brunswick-Wolfenbuttel, Kekaisaran Romawi Suci pada 30 April 1777.

Menurut sebuah cerita, pada umur 10 tahun, ia membuat gurunya terkagum-kagum dengan memberikan rumus untuk menghitung jumlah suatu deret aritmetika, berupa penghitungan deret 1 + 2 + 3 + ... + 100. Gauss mampu menentukan jumlah dari bilangan 1 sampai 100 dengan cepat tanpa menjumlahkan satu persatu bilangan tersebut. Ia mengkombinasikan operasi penjumlahan dengan perkalian. Meski cerita ini hampir sepenuhnya benar, soal yang diberikan gurunya sebenarnya lebih sulit dari itu. 

Gauss adalah seorang anak ajaib. Ia membuat penemuan matematika per tamanya saat masih remaja. Ia menyelesaikan ilmu hitung Disquisitiones, magnum opus, pada tahun 1798 pada usia 21, meskipun tidak dipublikasikan sampai 1801. Kemampuan intelektual Gauss menarik perhatian Duke of Brunswick, yang mengirimnya ke Collegium Carolinum (sekarang Braunschweig University of Technology) pada tahun 1792-1795 dan ke Universitas Gottingen pada tahun 1795-1798. Di universitas, Gauss secara mandiri menemukan kembali beberapa teorema penting, Gauss melakukan penelitiannya di observatorium astronomi di Gottingen, kota kecil di jantung Jerman. Gauss dengan segera menciptakan tradisi matematis yang membuat Gottingen dan universitasnya menjadi pusat matematika dunia.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar