-->

Sejarah Tokoh-tokoh Yang Mempelopori Penemuan Bilangan Negatif

Sejarah Bilangan Negatif oleh Beberapa Tokoh
       Bilangan bulat negatif pertama digunakan pada masa Dinasti an yang ditulis pada buku The Nine Chapters on The Mathematical Art sekitar tahun 202-220. Ia memisalkan bilangan negatif dan positif dengan batang warna merah dan hitam. Kemudian pada abad ketiga masehi, Diophantus juga telah menggunakan bilangan negatif. Hal itu dilihat dari bentuk persamaan yang dibuatnya, yaitu 4x + 20 = 0. Jika kita mencari penyelesaian dari persamaan tersebut tentu akan mendapatkan bilangan negatif, yaitu x = –5. Ia juga mengatakan bahwa hasil kali antara bilangan negatif dengan bilangan negatif akan menghasilkan bilangan positif.

    Di India pada abad ketujuh masehi, seorang ilmuwan bernama Bakhshali telah melakukan perhitungan dengan bilangan negatif. Bilangan negatif digunakan di India untuk mewakili utang. Seorang matematikawan India, Bhrahma phuta iddhata menggunakan bilangan negatif untuk menghasilkan rumus kuadrat bentuk umum (materi SMP) yang masih digunakan sampai saat ini. Pada abad ke-9 di Baghdad, l- hwarizmi menyajikan enam bentuk buku untuk persamaan-persamaan linear atau kuadratik (materi SMP) dan menghasilkan solusi menggunakan metode aljabar dan diagram-diagram geometris. Namun demikian, peragaan geometrisnya mengarahkan bahwa hasil-hasil negatif sia-sia.

    Pada abad ke-10 bul Wafa menggunakan bilangan negatif untuk mewakili utang. Abul Wafa memberikan sebuah peraturan umum dan memberikan kasus khusus di mana pengurangan 5 dari 3 memberikan utang 2. Dia kemudian menjelaskan perkalian utang 2 dengan 10 untuk memperoleh utang 20. Kemudian ketika utang 20 ditambahkan kepada ”kekayaan” sebesar 35 menghasilkan ”kekayaan” 15.

Hingga saat ini bilangan negatif sangat bermanfaat dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Bilangan negatif banyak digunakan di dalam ilmu matematika, fisika, teknik, dan ekonomi.


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar