-->

Potensi Ekonomi di Negara Asean

Potensi Ekonomi di Negara Anggota Asean
Disetiap Negara pasti memiliki berbagai macam kegiatan ekonomi yang dapat menopang kesejahteraan Negara dan juga masyarakatnya, semakin baik ekonomi yang berkembang di negara tersebut, maka kemakmuran masyarakatnya akan tampak pula.

Berikut ini beberapa kegiatan ekonomi yang berkembang di negara-negara Asean :

1. Berunai Darussalam
Kekayaan Perekonomian Negara ini berasal dari Minyak Bumi dan Gas Alam, dan negara ini merupakan Negara dengan pendapatan perkapita Negara yang cukup tinggi.

2. Filipina
Filipina adalah Negara dengan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, Negara Filipina merupakan salah saru negara di dunia yang sudah berhasil mengembangkan pertanian dengan baik, beberapa komoditi unggulannya bidang pertanian adalah gula, kelapa, padi, nanas dan lain-lain.

3. Indonesia
Indonesia adalah Negara yang memiliki beragam kekayaan, baik itu di sektor minyak bumi dan gas, Indonesia juga kaya akan bahan bahan baku tekstil, produk dari kayu, Komoditas pertambangan Indonesia turut menjembatani para pengusaha mancanegara untuk menjalin kerjasama bilateral dengan Indonesia, selain itu Indonesia juga kaya akan keindahan alamnya, hal ini juga dapat meningkatkan devisa negara disektor pariwisata.

4. Kamboja
Negara kamboja memiliki sungai bernama Mekong, dan penduduk di sekitar sungai tersebut banyak yang bekerja sebagai petani, adapun beberapa komoditas unggulan negara ini dibidang pertanian  dan perkebunan adalah Padi dan Karet.

5. laos
Kondisi alam Negara Laos juga hampir sama dengan Negara Kamboja, dimana di negara ini juga di lintasi oleh sungai Mekong, masayarakat yang berada di sepanjang aliran sungai tersebut juga bekerja dibidang pertanian, komoditas pangan di Negara laos banyak di nikmati oleh masyarakatnya sendiri.

6. Malaysia
Negara Malaysia memiliki komoditas yang juga beragam, mulai dari Pertanian, Pertambangan dan juga industri.

Perdagangan Internasional Negara ini memiliki perkembangan yang sangat pesat, komoditas seperti peralatan elektronok, minyak bumi, dan gas merupakan yang diekspor ke negara lain.

Komoditas produk kayu, bahan tekstil, kelapa sawit, sepatu,  dan bahan kimia  dari negara ini diekspor ke dunia Internasional.

7. Myanmar
Produk unggulan dari negara Myanmar adalah disektor Pertanian, Perkebunan dan Pertambanfan. Hasil pertanian berupa Padi adalah komoditas unggulan negara ini, bahkan negara Myanmar merupakan satu-satunya negara penghasil beras terbesar di Asia Tenggara.

8. Singapura
Negara Singapura walaupun memiliki wilayah yang cukup kecil di Asia Tenggara, namun negara ini merupakan negara yang sangat maju di kawasan ASEAN, letaknya yang strategis membuat negara tersebut menjadi pusat transit yang sangat ramai.

9. Thailan
Negara yang berjuluk Lumbung Padi ini, sesuai dengan namanya bahwa negara tersebut memanglah penghasil padi terbesar di Asia Tenggara, selain itu perkebunan, kehutanan, pertambangan  serta industri juga merupakan fokus ekonomi Thailan, Kali ini sektor yang cukup populer di Negara tetsebut adalah sektor Pariwisata, keunikan Bangunan bernilai budaya di Thailan memberikan nuansa tersendiri bagi para turis yang datang dari berbagai belahan dunia.

10. Vietnam
Yang berikutnya adalah negara Vietnam, setelah pulih dari dampak peperangan,  sektor perekonomian negara ini mulai tumbuh, Vietnam juga menjadi salah satu tujuan wisata domestik, usaha-usaha dibidang perhotelan, jasa dan transportasi juga sangat berkembang dinegara ini.

Nah demikian tadi penjelasan tentan kegiatan ekonomi di Negara-negara ASEAN di kesempatan kali ini semoga bermanfaat.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar