-->

10 Negara Dengan Biaya Pendidikan Tertinggi Di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Inilah 10 Negara Dengan Biaya Pendidikan Tertinggi Di Dunia, Lalu Indonesia Berada Di Posisi Berapa?
    Pendidikan merupakan salah satu komponen penting bagi seorang anak. Lewat pendidikan, anak akan bisa mendapatkan ilmu dan skill yang nantinya akan berguna bagi masa depan anak. Posisi Orang tua sebagai orang yang paling terdekat dari buah hati pastinya akan sangat memperhatikan masalah pendidikan. Mereka rela mengeluarkan biaya tak sedikit asalkan terjaminnya kualitas pendidikan yang diperoleh anaknya.
Nomong-ngomong masalah biaya pendidikan salah satu perusahaan perbankan internasional, HSBC, merilis hasil survei terkait negara dengan pengeluaran biaya pendidikan tertinggi, dan hasil survei tersebut menggambarkan bahwa rata-rata para orang tua di dunia mengeluarkan sedikitnyanya 44 ribu dolar Amerika untuk pendidikan anaknya dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. 
Masih dari data yang sama mencantumkan beberapa negara yang masuk peringkat teratas biaya pendidikan termahal di dunia. Negara mana sajakah itu?
1. Negara Hong Kong
Negara ini menduduki peringkat pertama dari survei biaya pendidikan termahal versi HSBC. Rata-rata para orang tua di negara tesebut menghabiskan dana lebih dari 130 ribu dolar Amerika untuk pendidikan anak mereka. Wah banyak sekali ya?

2. Negara Uni Emirat Arab
Negara ini Menempati tempat kedua, orang tua di Uni Emirat Arab rata-rata mengeluarkan biaya pendidikan hingga mencapai 100 ribu dolar Amerika. Sebuah angka yang tidak bisa dibilang sedikit. 

3. Negara Singapura
Negara tetangga Indonesia satu ini jadi salah satu negara di Asia Tenggara yang menembus survei biaya pendidikan termahal di dunia. Pengeluaran rata-rata mencapai 71 ribu dolar Amerika menempatkan negara dengan simbol ikonik patung Merlion ini pada urutan ketiga di bawah Hong Kong dan Uni Emirat Arab. 

4. Negara Amerika Serikat
Negara ini sering menjadi negara sasaran bagi para pelajar untuk menempuh pendidikan ternyata tak membuat negeri Paman Sam menempati peringkat paling atas di daftar negara berbiaya pendidikan termahal. Justru, Amerika Serikat hanya menempati peringkat keempat. Dari hasil survei, rata-rata pengeluaran orangtua untuk biaya pendidikan anaknya di negara yang dipimpin Donald Trump itu 'hanya' sebesar 58 ribu dolar Amerika.
5. Negara Taiwan
Negara Taiwan masuk lima besar negara berbiaya pendidikan tertinggi di dunia. Orang tua di negara beribukota Taipei ini menginvestasikan uang mereka untuk pendidikan anaknya di kisaran 56 ribu dolar Amerika. 

6. Negara Tiongkok
Negara Tiongkok juga masuk daftar negara yang biaya pendidikannya termahal di dunia. Meski hanya menempati urutan keenam, total uang yang dihabiskan para orang tua di negeri Tirai Bambu ini terbilang tinggi. Pasalnya, rata-rata hampir 43 ribu dolar Amerika dikeluarkan untuk biaya pendidikan anak dari tingkat sekolah dasar.

7. Negara Australia
Australia terkenal dengan banyaknya institusi pendidikan yang terbaik dan menjadi destinasi favorit pelajar di dunia, tak terkecuali Indonesia. Namun, negeri Kangguru ini 'hanya' menempati peringkat ketujuh dalam survei. Ini didasarkan pada biaya rata-rata orangtua di negara itu yang mencapai 36 ribu dolar Amerika untuk keperluan pendidikan buah hati mereka. 
8. Negara Malaysia
Bukan hanya Negara Singapura, Malaysia pun muncul di daftar sepuluh besar negara berbiaya pendidikan termahal di dunia. Negera beribukota Kuala Lumpur ini menduduki peringkat kedelapan dengan pengeluaran di kisaran 25 ribu dolar Amerika untuk kebutuhan pendidikan anak. Malaysia pun jadi negara kedua di Asia Tenggara yang punya biaya pendidikan tinggi.
9. Negara Britania Raya
Mempunyai tak sedikit institusi pendidikan terbaik dunia bukan berarti menempatkan Britania Raya di posisi teratas. Justru, posisi negara ini hanya di peringkat kesembilan. Ini didasarkan pada dana orang tua yang disisihkan untuk masa depan anak mereka di bangku sekolah hingga perguruan tinggi sebesar lebih dari 24 ribu dolar Amerika.
10. Negara Meksiko
Siapa yang menyangka bahwa Negara Meksiko termasuk yang memiliki biaya pendidikannya tergolong tinggi. Negara yang berbatasan dengan Amerika Serikat ini ternyata masuk daftar sepuluh besar dengan biaya mencapai 23 ribu dolar Amerika untuk mendanai anak mengenyam pendidikan. 
11. Lalu di manakah posisi Negara Indonesia?
Berdasarkan hasil survei yang dirilis HSBC tak menempatkan Indonesia di daftar sepuluh besar. Lantas, di manakah posisi Indonesia? Berdasarkan data survei tercatat bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-13 dengan pengeluaran rata-rata sebanyak lebih dari 18 ribu dolar Amerika. Meski begitu, Indonesia merupakan negara ketiga di Asia Tenggara yang biaya pendidikannya tertinggi setelah Singapura dan Malaysia.




AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar