-->

Tari Kipas Pakarena Merupakan Tari Khas dari Gowa, Sulawesi Selatan

Pola Lantai Tari Kipas Pakarena
Gerakan Berputar Searah Jarum Jam 

Media Pendidikan-Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari area Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, arian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat. Gowa ialah mantan Kerajaan Gowa ceritanya diawali dari perpisahan antara penghuni Boting Lang (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu.


Menurut ceritanya , sebelum berpisah, penghuni Boting Langi ini sempat mengajarkan kepada penghun Lino cara melalui hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu kisah itu diabadikan dalam gerakan tarian, makna gerakan tari Kipas.


Pola Lanti Tari Pakarena adalah gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia, gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang Berada di bawah dan kadang di atas, cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat, secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Sekian dahulu tulisan kali ini semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar