-->

Penjelasan Legenda, Mite, Novel, Fabel, Dongeng, Cerita Pendek dan Cerita Bersambung


Berikut ini adalah beberapa istilah yang sering kita jumpai dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Adapun pengertian dari istilah istilah diatas adalah sebagai berikut :

     1.     Legenda :
Legenda adalah cerita khayalan tentang asal-usul suatu daerah, atau cerita rakyat yang di ceritakan dari mulut ke mulut, yang berhubungan dengan tokoh penting di daerah tersebut.
  
     2.     Mite atau Mitos :
Mite atau Mitos adalah cerita dari mulut ke mulut yang memiliki tujuan memberi nasehat atau gambaran hidup seseorang.

     3.     Novel :
Novel adalah cerita panjang bahkan bersambung, dimana novel menceritakan tentang kehidupan seseorang yang ada di lingkungan sekitar atau sekelilingnya.

      4.     Fabel :
Fabel adalah sebuah cerita fiksi atau khayalan, dimana cerita tersebut diperankan oleh hewan, dan hewan tersebut di gambarkan memiliki perilaku seperti manusia.

      5.     Dongeng :
Dongeng adalah sebuah cerita khayalan atau fiksi yang menceritakan sebuah kejadian yang sangat luar biasa di masyarakat.

      6.     Cerita Pendek :
Cerita Pendek adalah sebuah cerita pendek yang bersifat naratif fiktif, isi cerita padat atau pendek dan langsung pada tujuan yang di tekankan pada cerita tersebut dan biasanya cerita pendek berisi sekitar 10.000 kata atau setidaknya 10 halaman.

      7.     Cerita Bersambung :
Cerita Bersambung adalah cerita yang bersifat rekaan atau khayalan yang ditulis terpisah-pisah atau hanya sebagian sebagian saja, dan cerita tersebut akan di sambung kembali di hari berikutnya hingga tamat, biasanya cerita bersambung dapat di temukan pada surat kabar atau majalah.

Demikianlah artikel Pengertian Legenda, Mite, Novel, Fabel, Dongeng, Cerita Pendek dan Cerita Bersambung semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar