-->

Beberapa Manfaat Menghemat Energi Listrik

Hemat Energi

Menghemat energi adalah suatu kegiatan mempergunakan energy dengan seperlunya saja. Energi perlu kita hemat, karena jika Energi  yang kita gunakan habis maka tidak dapat diperbarui lagi. Maka dari itu, kita harus menggunakan Energi sehemat mungkin. Dengan menghemat Energi maka kita secara tidak langsung akan juga menghemat biaya.

Beberapa contoh energi yang perlu kita hemat diantaranya adalah listrik. Listrik merupakan energi yang tidak dapat dilihat, namun dapat kita rasakan segala manfaatnya. Listrik sangat memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Dan saat ini kehidupan manusia sangat membutuhkan listrik dalam membantu berbagai aktivitas nya sehari-hari.

Untuk mewujudkan tersedianya listrik di setiap rumah, manusia harus bersusah payah membuat berbagai macam pembangkit listrik. Adapun pembangkit listrik itu contohnya adalah :

     1.     Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
     2.     Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTA)
     3.     Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
     4.     Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan lain sebagainya .

Setiap pembangkit ini membutuhkan biaya yang besar dalam pembangunannya. Sehingga, agar listrik tetap dapat dimanfaatkan dengan baik bagi semua orang, maka kita harus hemat dalam menggunakan
Listrik di rumah kita.

Untuk mengadakan listrik di rumah kita,  juga memakai biaya yang tinggi. Sehingga kita harus membayar biaya pemasangan listrik di rumah dan harus membayar semua biaya yang di perlukan, jika penggunaannya setiap bulannya semakin boros maka akan semakin besar pula beban biasanya yang harus bayar.

Dengan demikian , mulai saat ini dan seterusnya marilah kita berhemat listrik
dengan cara:

1. Tidak menyalakan lampu pada siang hari.
2. Nyalakan lampu jika diperlukan saja.
3. Lampu dinyalakan maksimal 10 jam saja.
4. Matikan peralatan elektronik jika sudah tidak digunakan.
5. Pergunakan listrik seoptimal mungkin agar biaya tidak membengkak.

Motto : Listrik Pintar

Demikian semoga artikel tentang manfaat hemat energy listrik, semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar