-->

Penjelasan Tentang Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah

Media Pendidikan-Pastinya tidak ada yang tak kenal Bawang Merah, sebab bawang merah ini sering sekali kita jumpai di lingkungan tempat tinggal kita, segala masakan atau sayuran pasti menggunakan bahan bumbu penyedap berbahan  bawang merah bukan ?

Bawang merah tergolong tanaman umbi yang mana buahnya terdapat di dalam tanah, tetapi bawang merah ini bukanlah tergolong tanaman sayur,

Walaupun demikian selain umbinya yang digunakan sebagai bahan bumbu daunya juga sering di gunakan sebagai bumbu penyedap atau bahkan di sayur,

Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan , ternyata bawang merah juga memiliki khasiat obat, banyak ramuan obat sederhana yang di olah dengan bahan dasar bawang merah, bahkan di era yang modern ini bawang merah tetap banyak di gunakan sebagai bahan obat tradisional,

Bawang merah sangat cocok di tanaman di daerah kering.
Seperti di daerah pantai Utara Jawa Tengah pada awal musim kemarau.

Tanaman  dengan Suku Liliaceae. ini berbentuk
Seperti rumput . Daunnya membentuk bulatan memanjang warnanya hijau gelap merumpun dan bersatu pada pangkalnya dan melekat pada umbi bawang merah, bawang merah terdiri dari beberapa bagian yang berlapis-lapis, batang bawang merah biasanya memiliki ketinggian kurang lebih 30 cm dari permukaan tanah,

Bawang merah akan tumbuh subur pada tanah yang gembur, dan tidak memiliki kadar air yang berlebihan, dan cocok di tanam di daerah dataran rendah dengan  tingginya sekitar 800 meter di di atas permukaan laut.

Menanam bawang harus melalui perawatan yang  cukup baik dan perlu di beri pupuk , selain itu perawatan juga tidak hanya di sisi pupuk tetapi kita perlu memberantas hama secara rutin agar hasil budidaya tanaman bawang merah ini bisa berhasil.

Untuk menanam bawang merah, sebaiknya tanah di cangkul dan di gemburkan terlebih dahulu dan di buat kapling-kapling, pada tepinya dibuatkan parit-parit untuk menyiram atau mengalirkan air hujan.

Dalam pemilihan umbi bibit yang unggul  dan telah di tunas kan terlebih lebih dahulu di tempat yang di inginkan. Setelah tumbuh tunas,lanjutkan dengan membagi –bagi sesuai dengan jumlah yang . akan kita tanam pada setiap lubang, cara menanam dengan kedalaman dua pertiga bagian terbenam di dalam tanah. bibit ditanam berbaris dengan  jarak tanam tertentu. Selama pertumbuhannya, rumput-rumput yang tumbuh harus selalu di siangi.

Pupuk yang biasa di gunakan dalam budidaya bawang merah ini diantaranya adalah  Urea atau ZA dengan takaran yang di tentukan,  untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah besar-besar dan berkualitas,  perawatan sehari-hari adalah menyiangi rumput, memupuk dan membasmi hama nya secara teliti.

Tanaman bawang merah tergolong tanaman semusim yang cepat menghasilkan. Umbinya  dapat di panen setelah berusia 1 hingga 1,5 bulan, saat sudah siap panen daun bawang merah tampak menguning, akan tetapi ada juga jenis bawang merah yang baru dapat di panen setelah usia 2 hingga 3 bulan.

Manfaat masakan dan bahan ramuan obat Setiap rumah tangga tentu mempunyai persediaan bawang merah, walaupun sedikit. Hal ini disebabkan bawang merah selalu dipakai, hampir untuk setiap jenis masakan maupun sambal . Bahkan acar pun dibuat dan bawang merah.

Bagian selain umbinya, daunnya yang masih muda,
juga bunganya enak dibuat sayur, sambal goreng
maupun sup. Bawang merah mengandung sejenis zat kimia yang
dapat mengakibatkan mata menjadi terasa pedas dan air mata meleleh keluar. Selain itu bawang merah terkenal kaya vitamin A, garam mineral kalsium dan pospor, sedang vitamin C nya cukup memadai. Lebih dan 80% berat umbi nya adalah air.

Obat tradisional banyak sekali yang menggunakan bawang merah sebagai bahannya. Sebagai obat batuk anak-anak, ramuannya
terdiri dan bawang merah, kulit batang pulasari, adas, saga, gula batu dan air. Ramuan ini ditumbuk menjadi seperti bubur, dibungkus daun pisang lalu dikukus 10 menit. Kemudian diperas dan airnya diminumkan. Anak-anak kecil yang badannya panas karena masuk angin sesering kali digosok badannya dengan
irisan bawang merah yang dicampur minyak kelapa.

Untuk mengobati kaki yang kudisan, karena infeksi jamur jenis tertentu, bawang merah dicampur kunyit dan belerang. Ramuan ini di lumatkan sedang kunyit nya di parut. Jika sudah lumat dan tercampur baik lalu digoreng minyak kelapa, dioleskan pagi dan sore pada bagian kaki yang kudisan.

Luka sebagai akibat gigitan binatang sering juga diobati dengan bawang merah. Bawang merah itu ditumbuk sampai halus lalu ditempelkan pada bagian kulit yang digigit binatang yang mengakibatkan bengkak itu.

Berbagai ramuan untuk mengobati batuk, masuk angin, muntah-muntah, cacar sapi dan lain sebagainya,juga menggunakan bawang merah sebagai salah satu bahannya.


Demikian artikel admin kali ini, semoga bermanfaat salam Media Pendidikan.

AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar