-->

“Masjid Agung Madani Islamic Center” Rokan Hulu

Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu
Media Pendidikan- Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,Sahabat Media Edukatif dimanapun berada, nama “MAMIC” Masjid Agung Madani Islamic Center adalah salah satu masjid kebanggaan masyarakat kabupaten rokan hulu, kebetulan saya adalah termasuk warga kabupaten rokan hulu, jadi rasanya kurang afdhol kalau saya tidak turut serta memperkenalkan kearifan local daerah saya sendiri, rasanya tidak ada yang salah jika Masjid yang menjadi kebanggaan saya ini dikenal oleh halayak ramai.

MAMIC” Masjid Agung Madani Islamic Center adalah salah satu tempat tujuan wisata religi sekalikus pusat pengkajian dan kegiatan keagaman, yang ada di Rokan Hulu atau yang dijuluki “negeri seribu suluk” beralamat di Jln. Kompleks Perkantoran Pemerintah Daearah, Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu,Provinsi Riau.
Mengapa Kabupaten Rokan Hulu ini di juluki sebagai negeri seribu suluk?
Sebab di daerah ini terdapat banyak masyarakat yang melaksanakan zikir ti tempat-tempat khusus surau yang didikenal dengan istlah ber“suluk.

Peletakan batu bata pertama Masjid Agung Madani Islamic Center di lakukan oleh Bapak Bupati Rokan Hulu Drs.H. Achmad, M.Si pada Senin 01 Muharram 1429H bertepatan pada hari Senin,29 Desember 2008M, acara ini di saksikan Kepala Dinas dan Badan/Kantor, turut hadir pula Dr.Mustafa Umar,MA Seorang penceramah dan ahli tafsir kondang dari Provinsi Riau.

Drs.H.Achmad,M.Si adalah tokoh yang berperan penting dalam mempelopori dan mencetuskan ide pembangunan Masjid Agung Madani Islamic Center berawal dari dasar pemikiran beliau yang ingin mendirikan masjid yang refresentatif sebagai
tempat sholat dan kegiatan keagamaan setingkat kabupaten,dan upaya beliau ini akan tercatat dalam sejarah dari masa-kemasa.

Selang 2 tahun kemudian tepatnya pada hari jum’at, 06 Agustus 2010, Drs.H.Achmad,M.Si Bupati Rokan Hulu yang sempat menjabat hingga 2 pereode ini kembali menciptakan sejarah baru, yakni meresmikan Masjid Agung Madani Islamic Center, semoga kerja keras beliau dalam pembangunan Masjid Agung Madani Islamic Center ini akan menjadi amal yang memuliakannya di dunia dan akhirat nati Amin.

Setiap harinya terdapat ribuan pelancong yang berkunjung ke Masjid Agung Madani Islamic Center, dan angka itu terus meningkat dari tahun-ketahun, pengunjung yang dating bukan haya dari penduduk lokal rokan hulu saja, tetapi Masjid Agung Madani Islamic Center telah dikunjungi oleh hampir seluruh masyarakat dari 34 provinsi yang ada di Indonesi, dan bahkan dari Negara tetangga Malaysia.

Masjid yang pembangunannya bersumber dari APBD Kabupaten Rokan Hulu, yaitu sebayak kurang lebih 400 Miliyar ini kini sudah berdiri kokoh, dan mampu menampung jamaah 15.000 hingga 20.000 jamaah, dan pengelolaan masjid ini di kelola sepenuhnya oleh pengurus Badan Pengelola Masjid Agung Madani Islamic Centre kabupaten yang di ketuai oleh bapak Ir. Damri selaku Sekertaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu, jumlah anggota pengurus Masjid Agung Madani Islamic Center ini mencapai 44 Orang pekerja professional termasuk pengurus keamanan dan kesehatan.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu memiliki sarana dan prasaran yang cukup lengkap  mulai dari tempat ibadah yang nyaman, AC, Sound System, multi media dan pemancar radio daerah dengan frekuensi 98,5 FM, Radio Islamic Center khusus menyiarkan music religi dan acara-acara kegiatan keagaman.


Foto http://www.marimembaca.com
Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu dihiasi dengan lampu gantung impor dari Italia berbahan Pelat Kuningan dengan berat 2 ton, kemudian di lampu gantung tersebut juga terdapat batu hiasnya ada batu oksi dari jawa timur, batu akik dari Turki dan Kalimantan, lampu hias Gold Spectrum dari Amerika, Batu hias Cris Topas dan Batu Kalimaya dari jawa barat,dan pada bagian tengah memiliki bentuk perisai muslim, rantai pada bagian pinggirnya memiliki arti persatuan umat islam, ada 16 busur panah Syaidina Ali bin Abi Tholib, 8 bilah pedang sabilillah Khaidir Ali, dan ada pula 8 tombak Abu Bakar Assiddiq, sertan bunga Kusuma sebagai lambang kejayaan Islam serta dikelilingi surat Al-Fatihah, Al -Kafirun, dan sraat Annas beserta 99 Asmaul Husna.


Selain Itu setiap sudut pintu yang ada di Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu ini di beri nama sendiri-sendiri, di bagian sebelah timur yaitu pintu utama di beri nama babussalam, pintu sebelah kanan Khodijah, pintu sebelah kiri Aisyah, bagian sebelah selatan, pintu utama Aisyah I, di bagian pintu sebelah kanan Usman bin Affan, pintu bagian kiri Umar bin Khatab, dan pintu utara, pintu utama Khadijah I, pintu kanan Abu Bakar As Siddiq, pintu kiri Umar bin Khatab, sedangkan bagian Kubah utama yang memiliki diameter 25 M dan tinggi nya 55 M serta didampingi 4 unit menara dengan ketinggian 66.66 M. Ditambah lagi dengan menara utama yang memiliki ketinggian hinga 99 M.

Masjid Agung Madani Islamic Center juga di lengkapi dengan MCK yang sangat memadai. Tempat wudhu yang luas dan berih, karpet permadhani yang di impor dari Turki, di bagian bawah halaman depan Masjid Agung Madani Islamic Center terdapat sarana ruang belajar yang di lengkapi dengan sarana internet, perpustakaan manual dan digital,toserba took serba ada, aula serbaguna yang cukup luas poliklinik dan lain-lain.

Jarak tempuh Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu ini dari ibukota Pekanbaru dapat di tempuh dengan perjalanan darat kurang-lebih sekitar 4-5 jam.


Bagi pengunjung yang berminat naik ke puncak menara ini silahkan datang saja ke Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu, dengan ADM 10 ribu rupiah saja anda sudah bisa menikmati keindahan kota Pasir Pengaraian dari ketinggian 99M, dan mungkin ini akan menjadi pengalaman pertama anda melihat pemandangan dengan ketinggian hampir 100 M, jadi jika anda berkunjung ke Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu, rugi rasanya kalau belum mencoba untuk naik menaranya.


Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu ini merupakan salah satu masjid terindah dan termegah di Indonesia, dan pada tahun 2015 lalu Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin menganugrahi penghargaan sebagai Masjid Agung Percontohan Paripurna I untuk Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu.


Baik itulah tadi sejumlah penjelasan tentang Masjid Agung Madani Islamic Centre, semoga anda tertarik berkunjung dan belajar agama masjid ini, selain tempatnya luas masjid Masjid Agung Madani Islamic Centre ini juga tergolong masjid yang memiliki pemandangan yang cukup indah, baik terimakasaih sudah berkunjung semoga bermanfaat salam Media Edukatif, Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

AdSense
Tags:
Related Posts
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar