-->

PPG Dalam Jabatan Kategori 1 tahun 2022 Menyusun Best Practices

 


Sahabat Media Pendidikan dimanapun bera , berikut saya akan membagikan 

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SDN 1 TUGUREJO

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan semanagat belajar siswa Kelas 3 SDN 1 TUGUREJO yang berbasis TPACK

Penulis

FIFI IDAYANTI S.Pd

Tanggal

31, Agustus 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Peran saya adalah sebagai guru dan peserta PPG.Masalah yang saya hadapi adalah peserta didik masih memiliki semangat belajar yang rendah.adapun permasalahan ini di sebabkan Oleh faktor guru dan muridnya itu sendiri.seperti guru tidak menyiapkan media sebagai alat untuk memotivasi siswa, seperti gambar – gambar yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa dan siswa lebih banyak bermain di saat pembelajaran berlangsung.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

    

Setelah melakukan identifikasi masalah melalui observasi, refleksi dan melakukan pendalaman melalui kajian penelitian relevan,wawancara kepada rekan sejawat,kepala sekolah serta pengawas sekolah.maka di temukan beberapa tantangan yang terjadi yaitu :

    1.   Faktor guru dalam pemilihan media ajar

    2.    Kurangnya pemanfaatan TPACK di kelas

    3.    Model pembelajaran yang belum relevan dengan kebutuhan siswa.

    4.    Minimnya sarana dan prasarana yang di miliki oleh sekolah

Tantangan itu yang membuat seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa serta model pembelajaran lainya yang mendukung.

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

   

Tantangan yang ada segera di selesaikan dengan baik oleh seorang guru,adapun tantanganya sebagai berikut :

    1.    Berkaitan dengan media ajar

Guru bisa menggunakan media konkrid yang ada di sekitar sekolah sehingga siswa bisa lebih mengenal media yang ada.jika media kongkrid sudah ada, bisa juga di kolaborasikan berbasis TPACK sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang di sampaikan.dengan di kombinasikan model pembelajaran flash card.

    2.    Berkaitan dengan model pembelajaran

guru juga di yakini sudah hafal dengan sintak dari model pembelejaran yang di pilihnya dari mulai tahapan satu sampai akhir yang di tuangkan dalam kegiatan pembuka,inti, dan penutup.

    3.    Berkaitan dengan penilaian

Seorang guru juga di tuntut untuk menilai secara keseluruhan dari ranah kognitif,afektif,dan pesikomotorik.tentunya dalam instrumen yang lengkap dari kisi – kisi.indikator ketercapaian setiap ranah.dan rubrik penilaian.untuk melengkapi penilaian di akhir pembelajara.

    4.    Sumber daya yang di perlukan adalah kompetensi dan kreatifitas Guru dalam mengembangkan RPP dan LKPD yang berpusat pada siswa.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari penerapan media berbasis TPACK dan menggunakan model pembelajaran flash card membuat siswa lebih semangat dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran.

Adapun bukti foto yang ada di bawah ini masih mengerjakan tugas kelompok.

karena pada saat pembelajaran siswa di bagi menjadi beberapa kelompok, serta berkelompok menjawab soal yang di berikan guru.




LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SDN 1 TUGUREJO

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasara

Tujuan yang ingin dicapai

Guru mengoptimalkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi

Penulis

FIFI IDAYANTI S.Pd

Tanggal

15 september 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Masalah yang saya hadapi adalah guru belum mengoptimalakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi.adapun permasalahan ini di sebabkan Oleh faktor seperti:

    1.    guru kurang tepat dalam menyusun RPP

    2.    sarana dan prasarana yang kurang mendukung

    3.    siswa kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

   

Setelah melakukan identifikasi masalah melalui observasi, refleksi dan melakukan pendalaman melalui kajian penelitian relevan,wawancara kepada rekan sejawat,kepala sekolah serta pengawas sekolah.maka di temukan beberapa tantangan yang terjadi yaitu :

    1.    guru harus membuat PRR yang sesuai dengan materi yang akan di ajarkan.

    2.    Faktor guru dalam pemilihan media ajar

    3.    Kurangnya pemanfaatan TPACK di kelas

    4.    Model pembelajaran yang belum relevan dengan kebutuhan siswa.

    5.    Minimnya sarana dan prasarana yang di miliki oleh sekolah

Tantangan itu yang membuat seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa serta model pembelajaran lainya yang mendukung.

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

   

Tantangan yang ada segera di selesaikan dengan baik oleh seorang guru.

    1.    Menggunakan pendekatan yang berfokus pada siswa,kita sebagai guru hanya bertugas sebagai fasilitator.

    2.    Merancang pembelajaran adalah kegiatan yang sangat penting bagi pendidik untuk dapat di laksanakan proses secara teraarah dan sistematis,sehingga tujuan dapat di capai dengan baik.

    3.    Berkaitan dengan media ajar

Guru bisa menggunakan media konkrid yang ada di sekitar sekolah sehingga siswa bisa lebih mengenal media yang ada.jika media kongkrid sudah ada, bisa juga di kolaborasikan berbasis TPACK sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang di sampaikan.dengan mengamati vidio pembelajaran yang ada.

    4.    Berkaitan dengan model pembelajaran

guru juga di yakini sudah hafal dengan sintak dari model pembelejaran yang di pilihnya dari mulai tahapan satu sampai akhir yang di tuangkan dalam kegiatan pembuka,inti, dan penutup.di pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran demontrasi yaitu melatih ketrampilan inovatif.

    5.    Berkaitan dengan penilaian

Seorang guru juga di tuntut untuk menilai secara keseluruhan dari ranah kognitif,afektif,dan pesikomotorik.tentunya dalam instrumen yang lengkap dari kisi – kisi.indikator ketercapaian setiap ranah.dan rubrik penilaian.untuk melengkapi penilaian di akhir pembelajara.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak aksi dari langkah -langkah yang telah dilakukan dapat di lihat dari beberapa perubahan yang terjadi kepada siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran demonstrasi dan menyusun RPP dengan baik.

    1.    siswa yang bersungguh – sungguh mengikuti kegiatan pembelajaran,dan tidak ada siswa yang bosan karna mereka terlihat sangat antusias saat menonton vidio pembelajaran.

Adapun dokumentasi yang ada di bawah ini :

    2.    karena pada saat pembelajaran siswa di bagi menjadi beberapa kelompok, serta berkelompok menjawab soal yang di berikan guru. Adapun dokumen yang ada sebagai berikut :

 



 

 Demikan artikel yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.

 

AdSense
Tags:
Related Posts
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar