PPG Dalam Jabatan Kategori 1 tahun 2022 Menyusun Best Practices
Sahabat Media Pendidikan dimanapun bera , berikut saya akan membagikan
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
SDN 1 TUGUREJO |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah Dasar |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan semanagat belajar siswa Kelas 3 SDN 1
TUGUREJO yang berbasis TPACK |
Penulis
|
FIFI IDAYANTI S.Pd |
Tanggal
|
31, Agustus 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Peran saya adalah sebagai guru dan peserta PPG.Masalah
yang saya hadapi adalah peserta didik masih memiliki semangat belajar yang
rendah.adapun permasalahan ini di sebabkan Oleh faktor guru dan muridnya itu
sendiri.seperti guru tidak menyiapkan media sebagai alat untuk memotivasi
siswa, seperti gambar – gambar yang dapat membangkitkan semangat belajar
siswa dan siswa lebih banyak bermain di saat pembelajaran berlangsung. |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat,
|
Setelah melakukan identifikasi masalah melalui
observasi, refleksi dan melakukan pendalaman melalui kajian penelitian
relevan,wawancara kepada rekan sejawat,kepala sekolah serta pengawas
sekolah.maka di temukan beberapa tantangan yang terjadi yaitu : 1. Faktor
guru dalam pemilihan media ajar 2. Kurangnya
pemanfaatan TPACK di kelas 3. Model
pembelajaran yang belum relevan dengan kebutuhan siswa. 4. Minimnya
sarana dan prasarana yang di miliki oleh sekolah Tantangan
itu yang membuat seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti
menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa serta model
pembelajaran lainya yang mendukung.
|
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Tantangan yang ada segera di selesaikan dengan baik
oleh seorang guru,adapun tantanganya sebagai berikut : 1. Berkaitan
dengan media ajar Guru bisa menggunakan media konkrid yang ada di
sekitar sekolah sehingga siswa bisa lebih mengenal media yang ada.jika media
kongkrid sudah ada, bisa juga di kolaborasikan berbasis TPACK sehingga siswa
lebih mudah memahami materi yang di sampaikan.dengan di kombinasikan model
pembelajaran flash card. 2. Berkaitan
dengan model pembelajaran guru juga di yakini sudah hafal dengan sintak dari
model pembelejaran yang di pilihnya dari mulai tahapan satu sampai akhir yang
di tuangkan dalam kegiatan pembuka,inti, dan penutup. 3. Berkaitan
dengan penilaian Seorang guru juga di tuntut untuk menilai secara
keseluruhan dari ranah kognitif,afektif,dan pesikomotorik.tentunya dalam
instrumen yang lengkap dari kisi – kisi.indikator ketercapaian setiap
ranah.dan rubrik penilaian.untuk melengkapi penilaian di akhir pembelajara. 4. Sumber
daya yang di perlukan adalah kompetensi dan kreatifitas Guru dalam
mengembangkan RPP dan LKPD yang berpusat pada siswa. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
Dampak dari penerapan media berbasis TPACK dan
menggunakan model pembelajaran flash card membuat siswa lebih semangat dan
tidak cepat bosan dalam pembelajaran. Adapun bukti foto yang ada di bawah ini masih
mengerjakan tugas kelompok. karena pada saat pembelajaran siswa di bagi menjadi
beberapa kelompok, serta berkelompok menjawab soal yang di berikan guru. |
LK
3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
SDN 1 TUGUREJO |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah Dasara |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Guru mengoptimalkan model pembelajaran inovatif yang
sesuai dengan karakteristik materi |
Penulis
|
FIFI IDAYANTI S.Pd |
Tanggal
|
15 september 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Masalah yang saya hadapi adalah guru belum
mengoptimalakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik
materi.adapun permasalahan ini di sebabkan Oleh faktor seperti: 1. guru
kurang tepat dalam menyusun RPP 2. sarana
dan prasarana yang kurang mendukung 3. siswa
kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan. |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
|
Setelah melakukan identifikasi masalah melalui
observasi, refleksi dan melakukan pendalaman melalui kajian penelitian
relevan,wawancara kepada rekan sejawat,kepala sekolah serta pengawas
sekolah.maka di temukan beberapa tantangan yang terjadi yaitu : 1. guru
harus membuat PRR yang sesuai dengan materi yang akan di ajarkan. 2. Faktor
guru dalam pemilihan media ajar 3. Kurangnya
pemanfaatan TPACK di kelas 4. Model
pembelajaran yang belum relevan dengan kebutuhan siswa. 5. Minimnya
sarana dan prasarana yang di miliki oleh sekolah Tantangan
itu yang membuat seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti
menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa serta model
pembelajaran lainya yang mendukung.
|
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Tantangan yang ada segera di selesaikan dengan baik
oleh seorang guru. 1. Menggunakan
pendekatan yang berfokus pada siswa,kita sebagai guru hanya bertugas sebagai
fasilitator. 2. Merancang
pembelajaran adalah kegiatan yang sangat penting bagi pendidik untuk dapat di
laksanakan proses secara teraarah dan sistematis,sehingga tujuan dapat di
capai dengan baik. 3. Berkaitan
dengan media ajar Guru bisa menggunakan media konkrid yang ada di
sekitar sekolah sehingga siswa bisa lebih mengenal media yang ada.jika media
kongkrid sudah ada, bisa juga di kolaborasikan berbasis TPACK sehingga siswa
lebih mudah memahami materi yang di sampaikan.dengan mengamati vidio
pembelajaran yang ada. 4. Berkaitan
dengan model pembelajaran guru juga di yakini sudah hafal dengan sintak dari
model pembelejaran yang di pilihnya dari mulai tahapan satu sampai akhir yang
di tuangkan dalam kegiatan pembuka,inti, dan penutup.di pembelajaran ini
menggunakan model pembelajaran demontrasi yaitu melatih ketrampilan inovatif. 5. Berkaitan
dengan penilaian Seorang guru juga di tuntut untuk menilai secara
keseluruhan dari ranah kognitif,afektif,dan pesikomotorik.tentunya dalam
instrumen yang lengkap dari kisi – kisi.indikator ketercapaian setiap
ranah.dan rubrik penilaian.untuk melengkapi penilaian di akhir pembelajara. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
Dampak aksi dari langkah -langkah yang telah
dilakukan dapat di lihat dari beberapa perubahan yang terjadi kepada siswa
terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran demonstrasi dan
menyusun RPP dengan baik. 1. siswa
yang bersungguh – sungguh mengikuti kegiatan pembelajaran,dan tidak ada siswa
yang bosan karna mereka terlihat sangat antusias saat menonton vidio
pembelajaran. Adapun dokumentasi yang ada di bawah ini : 2. karena
pada saat pembelajaran siswa di bagi menjadi beberapa kelompok, serta
berkelompok menjawab soal yang di berikan guru. Adapun dokumen yang ada
sebagai berikut : |
Demikan artikel yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.
AdSense