-->

Cara Memudidaya Buah Tomat Biar Sukses

Tanaman Tomat

Tomat adalah salah satu jenis buah yang ada di dunia. Namun ada pula tanaman tomat ini ada yang menyebutnya tanaman sayuran, itu semua tidak ada bedanya namun hanya beda pendapat. Tahukah kamu tomat dan mana asal pertama kali ditemukan? Tanaman tomat ini pertama kali ditemukan di Benua Amerika yang tersebar ke seluruh daratannya. Pada kali ini, akan menjelaskan secara menyeluruh tentang bagaimana kita dapat membudidayakannya sendiri. Pada umumnya tanaman tomat ini mudah sekali kita budidayakan, namun bagaimanapun tetap saja diperlukan perawatan yang memadai.

1. Cara Penanaman
A. Pengolahan Lahan
* Pembersihan Lahan
Pembersihan lahan kita lakukan untuk membuat lahan yang kita akan tanami tersebut dalam keadaan bersih dan sangat baik bagi pertumbuhan tanaman kelak nanti. Pembersihan lahan ini dapat kita lakukan dengan dua cara, ada yang secara manual dan cara dengan menggunakan bantuan alat mesin.

* Pembuatan Bedengan
Tempat untuk ditanamnya tanaman ini, terlebih dahulu dibuat bedengan. Setelah lahan sudah ada bedengan-bedengan, sebaiknya kita biarkan dulu selama kurang lebih dua han. Ini dilakukan agar adanya oksigen yang masuk dan keluar dan bedengan.

B. Pembibitan
Dalam pembibitan kita dapat melakukannya dengan terlebih dahulu membeli benih dan toko, jenis benih tergantung kita akan menanam jenis tomat yang bagaimana. Setelah kita mendapatkan benih yang kita perlukan, kemudian kita lakukan benih tersebut menjadi kecambah, cara melakukanya cukup kita sebarkan benih tomat tersebut kedalam sebidang tanah ataupun tanah yang berada di pot.

C. Penanaman
Setelah benih menjadi bibit tanaman tomat yang cukup tua, kini kita saatnya untuk menanamkannya pada lahan yang sudah kita olah terlebih dahulu. Untuk menghasilkan tanaman tomat yang tumbuhnya sangat baik,
sebaiknya kita pada waktu 2-4 minggu sebelum musim hujan turun.
Penanaman tomat sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari, jika bibit ditanam pada siang hari, bibit yang baru ditanam akan menyebabkan bibit menjadi layu. Bibit yang sudah siap ditanam tadi, dimasukan pada tiap tiap lubang yang sudah disiapkan. Adapun jarak antara lubangnya adalah 70 x 50 cm.

Setelah penanaman selesai, bibit yang sudah selesai ditanam tadi langsung disiram dengan air, kemudian pasang naungan dan dedaunan untuk mencegah dan melindungi dan terik sinar matahari.

2. Perawatan
A. Pemasangan Ajir
Ajir adalah batang-batang yang terbuat dan belahan bambu yang dibuat panjang-panjang dengan ukuran tertentu. Mengingat tanaman tomat ini pada umumnya sifatnya merambat, fungsi dan ajir ini sangat penting dan berguna sekali dalam keberlangsungan dan tanaman tomat tersebut.
Ajir ini dapat meningkatkan daya kemampuan dalam memproduksi buah yang di hasilkan, bahkan baik juga dalam mengurangi terjadinya serangan hama.

B. Pemupukan
Semua jenis tanaman apapun yang namanya pemupukan pasti akan dilakukan, sebab tanaman yang kita tanam membutuhkan makanan (unsur hara tanah), namun tanah tidak sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan makanan tanaman.

Adapun jenis-jenis pupuk ini banyak sekali macamnya, di bawah ini adalah contoh jenis pupuk anorganik dan jenis pupuk organik:

a Pupuk Organik
- Pupuk kandang
- Pupuk kompos
- Pupuk kotonan hewan

b Pupuk Anorganik
- Urea
- HC1
- NPK


Demikian Penjelasan tentang budidaya tanaman tomat dikesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan salam Sukses Budidaya.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar