-->

Tari Tari Serimpi Khas Provinsi Jawa Tengah

Pola Lantai Tari Serimpi Adalah Vertikal    
       
Media Pendidikan- Tari Serimpi adalah tari khas Provinsi Jawa Tengah. Tari Serimpi merupakan tarian yang dibawakan dengan gerakan yang gemulai lemah lembut, penuh kehalusan budi, serta diiringi dengan musik gamelan yang juga dipadu dengan lagu atau tembang-tembang khas jawa.

Menurut sejarahnya Tarian Serimpi ini adalah merupakan tarian yang awalnya berasal dari Yogyakarta. Biasanya Tarian Serimpi dimainkan oleh 4 orang putri , ciri khas  dari Tari Serimpi ini tampak dari gerakan lambat dan lemah gemulai. 4 penari yang menari tersebut masing-masing  melambangkan unsur dunia, diantaranya adalah : toya (air), grama (api), angin (udara), dan bumi (tanah). 

Keempat unsur itu memiliki makna memberi tahukan asal usul terciptanya manusia serta melambangkan 4 penjuru mata angin. Selain itu Tari Serimpi juga menggambarkan beberapa sifat baik maupun buruk. Namun untuk meghadap sang Kuasa maka manusia harus banyak berbuat kebaikan,ke 4 penari serimpi tersebut memiliki sebutan, Dhada, Batak, Gulu, serta Buncit.

Menurut sejarahnya Tari Serimpi ini pertama kali ditampilkan pada masa kejayaan Kerajaan Mataram dimana pada saat itu dipimpin oleh Sultan Agung (1613-1646). Kala itu Tari Serimpi cuma dipentaskan di lingkungan krato, dan biasanya di tampilkan saat acara ritual kenegaraan hingga saat acara naik takhta sultan.

DI wilayah Kesultanan Yogyakarta, tari Serimpi dibagi menjadi 3 kelompok diantaranya adalah Serimpi Babul Layar, Serimpi Genjung dan Serimpi Dhempel. Sedangkan di wilayah Kesultanan Surakarta sendiri tarian Serimpi ini terbagi menjadi dua diantaranya adalah Serimpi Anglir Mendung dan satu lagi Serimpi Bondan.

Berikut Adalah 9 Jeni Tari Serimpi :

1. Jenis Tari Serimpi Merak Kasimpir
Jenis Tari Serimpi Merak Kasimpir yang satu  ini merupakan tari putri klasik gaya Yogyakarta, ciptaan Sultan Hamengku Buwana VII. Irikhas utamanya adalah mengenakan Properti pistol dan jemparing. Tari Serimpi Merak Kasimpir diiringi dengan gending pengiring yang disebut Gending Merak Kasimpir.

2. Jenis Tari Serimpi Renggawati
Jenis Tari Serimpi Renggawati  putri klasik gaya Yogyakarta, ciptaan Sultan Hamengku Buwana V. Jenis Tari Serimpi Renggawati ini ditarikan oleh 5 orang. Yang di bawakan adalah dari petikan cerita Angling Darmo yang magis, propertinya yang khas adalah sebuah pohon dan juga seekor burung mliwis berwarna putih.

3. Jenis Tari Serimpi Pramugari
Jenis Tari Serimpi Pramugari bergaya Yogyakarta ini adalah sebuah tarian yang diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana ke VII. Ciri khas Tari Serimpi Pramugari ini juga mengenakan properti pistol. Tari Serimpi Pramugari ini di menggunakan iringan musik Gending, yaitu Gending Pramugrari.
4. Jenis Tari Serimpi Pramugari
Tari Serimpi Pramugari ini dimainkan oleh dua orang penari wanita. Jenis Tari Serimpi Pramugari adalah ciptaan Pakubuwono IX, namun pada awalnya adalah tarian ciptaan  Pakubuwono IV yang saat itu memerintah Kraton Surakarta Hadiningrat  tahun 1788 sampai 1820. Nama Tari Srimpi Sangopati ini berasal dari kata sangapati itu sendiri, nama itu berasal dari kata sang apati, yang mana merupakan sebuah sebutan untuk calon pengganti raja. Jenis Tari Serimpi Pramugari melambangkan bekal untuk kematian dari arti Sangopati itu sendiri adalah diperuntukan bagi orang-orang Belanda.

5. Jenis Tari Serimpi Cina
Jenis Tari Serimpi Cina  yang satu ini merupakan jenis tari putri klasik Istana Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Adapun pakaian yang di gunakan adalah busana cina.

6. Jenis Tari Serimpi Padhelori
Jenis Tari Serimpi Padhelori awalnya diciptakan Sultan Hamengku Buwana VI dan VII. Ada beberapa Properti yang dipakai saat pementasan Tari Serimpi Padhelori ini diantaranya adalah berupa pistol dan juga cundrik. Jenis Tari Serimpi Padhelori ini sedikit modifikasi tari Golek Menak, dimana tarian yang dibawakan Memerankan perang tanding Dewi Sirtu Pelaeli dengan dewi Sudarawerti. Tari Serimpi Padhelori diiringi dengan tembang-tembang atau lagu Gending Pandhelori.

7. Jenis Tari Serimpi Pistol
Jenis Tari Serimpi Pistol ini juga merupakan jenis tari putri klasik bergaya Yogyakarta, tari tersebut adalah ciptaan Sultan Hamengku Buwana VII. Yang membedakan tari ini dengan tari yang lain adalah tampak dari property yang di bawanya, yaitu pistol.

8. Jenis Tari Serimpi Ludira Madu
Tari Serimpi Ludira Madu ini adalah tari yang di ciptakan oleh Paku Buwono V dan kala itu merupakan putra mahkota Keraton Surakarta yang di sebut Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom. Tari Serimpi Ludira Madu dibuat guna mengenang Ibundanya tercinta yang mana masih keturunan suku Madura, yakni putri Adipati Cakraningrat yang berasal dari daerah Pamekasan. Ibu meninggal saat Pakubuwono V masih berusia 1,5 tahun, kala itu namanya masih Gusti Raden Mas Sugandi. Tarian ini dibawakan oleh 4 orang putri.

Tarian tersebut menggambarkan sosok sang ibu yang sangat bijaksana dan cantik hal ini tertuang pada syair lagu Srimpi Ludira Madu. Nama Ludira Madu sendiri digunakan dari makna Ludira Madura yang memiliki arti "Darah atau keturunan Madura".

9. jenis Tari Serimpi Anglirmendhung
jenis Tari Serimpi Anglirmendhung ini Menurut R.T. Warsadiningrat, Anglirmedhung pernah diubah oleh K.G.P.A.A.Mangkunagara I. yang pada awalnya terdiri atas tujuh penari, yang selanjutnya dipersembahkan kepada Sinuhun Paku Buwana. Namun atas permintaan Sinuhun Paku Buwana IV tarian tersebut kemudian dirubah sedikit demi sedikit dan akhirnya menjadi Serimpi dengan 4 penari saja.

Nah itulah tadi artikel tentang Tari Serimpi Khas Provinsi Jawa Tengah kali ini,  semoga bermanfaat bagi kita semua sekian dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar