-->

Media Edukatif Bantu Menopang Kecerdasan Anak

Media Edukatif yang Dapat Membantu 
Meningkatkan Kecerdasan Anak

Seiring perkembangan jaman yang semakin peset, tentunya di pasaran sudah sangat banyak sekali tersedi permainan-permainan yang di gemari oleh anak-anak, banyak pula farian modelnya, dan tentunya harganya juga sangat berfariasi ada yang mahal da nada pula yang murah, selain permainan-permainan yang berwujud benda, ada pula permainan yang diaplikasikan kedalam bentuk permainan digital atau elektronik, seperti halnya gadget, televisi, palystation dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain media edukatif modern ada pula permaian atau media edukatif yang tergolong masih tradisional, dan permainan tradisional semacam itu sudah sangat jarang sekali di jumpai di daerah perkotaan.

Lalu apakah semua media edukatif atau mainan tersebut dapat mendidik anak ?

Jawabanya tergantung cara kita menyajikan kepada anak kita, dalam hal ini tetu peran orang tua sangatlah penting untuk menentukan mana-mana saja permainan yang dapat dijadikan sebagi Media Edukatif, dan jangan pula peran alat permainan media edukatif ini justru akan menjadikan anak menjadi malas dan terbiasa dengan budaya konsumtif.

Boleh kita membelikan permainan-permainan yang menyenangkan buat anak kita, namun kita juga harus bisa membatasi apa-apa saja yang cocok diberikan kepada anak, jangan sampai anak terlau manja dan kemudian anak selalu menuntut harus dituruti segala keinginannya, justru hal yang demikian akan menjadikan anak kita menjadi manja dan tidak memiliki rasa mandiri, dan dampaknya akan terasa jika ia sudah dewasa nanti, bisa jadi sekarang si anak hanya meminta mobil-mobian biasa, tapi setelah dewasa nanti ia justru minta mobil betulan, jadi hal demikian sangat berdampak negatif bukan ?

Baik lah langsung saja berikut akan admin sajikan beberapa alat Permainan edukatif yang diharapkan dapat membatu kecerdasan anak kita, dan peralatan berikut ini bukanlah Media Edukatif yang tergolong modern atau berbasisi elektronik, namun hanya peralatan sederhana tradisional namun jika diterapkan denga benar, Media Edukatif ini juga dapat menumbuhkan kreatifitas anak, walaupu sederhana namun tidak meninggalkan fungsinya sebagai Media Edukatif.
a. Media Edukatif  Tradisional
Media Edukatif  berupa mobil-mobilan dari kulit jeruk maupun kulit kelapa, ajak anak kita untuk menyaksikan pembuatannya, dan sesekali beri bagian untuk ikut serta dalam pembuatannya sebatas kemampuannya, permainan ini mampu menumbuhkan kreativitas anak, dan sekaligus melatih keterampilan serta kesederhanaan.

b. Media Edukatif  Dari Balok Froebel
Media Edukatif  atau Permaian Cruissenire, permainan Froebel yang menggunakan unsur-unsur balok dengan macam-macam bentuk, permainan ini juga dapat mengasah kreatifitas serta kecerdasan anak.


c. Media Edukatif  Dari Boneka
Media Edukatif ini terbuat dari bahan kain dan kapas, media ini biasanya berbentuk orang maupun hewan, dan dengan pemainan ini diharapkan mampu menjadikan anak trampil dalam berbicara dan ketangkasan anak dalam  bermain peran maupun berdialog sesuai dengan peran yang dibawakan.

d. Media Edukatif  Edukatif  Dari Montesori
Media Edukatif Montesori adalah permainan yang awalnya diciptakan oleh Dr. Maria Montesori, edia Edukatif ini diharapkan mampu melatih kemandirian anak. Permainan tersebut cukup mudah dimainkan anak-anak, karena permainan yang akan dimainkan sudah ada contoh jadinya yang bisa ditiru oleh anak.

e. Media Edukatif  Peabody
Media Edukatif  ini diciptakan oleh Elizabeth Peabody , manfaatnya adalah sebagai permaianan yang dapat melatih verbal anak serta dapat membantu meningkatkan perbenaharaan kosakata bahasa bagi anak, bebrapa media yang digunakan diantaranya adalah boneka yang dilengkapi papan magnet, gambar, lagu anak-anak, kantong serta tema cerita yang akan di bawakan oleh anak.

f. Media Edukatif  Dari Balok Cruissenire
Media Edukatif  ini diciptakan oleh George Cruissenaire, permainan ini dalam bentuk balok yang dan fungsinya adalah untuk meningkatkan serta mengembangkan keterampilan berhitung bagi anak, dapat memperkenalkan bilangan, serta menumbuh kembangkan daya imajinasi serta kreatifitas.

g. Media Edukatif  Kotak Alfabet
Media Edukatif  Kotak Alfabet memiliki tujuan sebagi untuk memperkenalkan beberapa huruf serta melatih anak dalam belajar mengeja atau membaca.

h. Media Edukatif  Lambang Bilangan
Media Edukatif  Lambang Bilangan berupa kartu yang tiap-tiap kartu tertera bilangan atau angka mulai dari 1 hingga 100. Adapun tujuan dari permainan ini adalah sebagai media untuk mengenalkan bilangan serta belajar berhitung bagi anak.

Nah itulah tadi beberapa penjelasan tentang pemanfaatan media edukatif  sebagai media yang berguna untuk membantu kecerdasan anak, sekian semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar