-->

Kegunaan Lingkungan Bagi Kehidupan Manusia

Manusia dan Lingkungan


Media Pendidikan-Kehidupan manusia sangat sangat bergantung pada lingkungan tempat tinggalnya, sehingga aktivitas apapun yang dilakukan oleh manusia juga sangat bergantung pada keadaan lingkungan yang ada di sekitarnya, baik itu dalam bentuk dalam bentuk hubungan manusia dengan lingkungan alam maupun dengan lingkungan sosial.

Berikut adalah beberapa contoh manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia :

     1.     Lingkungan Alam Sebagai Sumber Mencari Nafkah atau Makan
Seorang nelayan yang kehidupan sehari-harinya adalah di daerah pesisir pantai, maka seorang nelayan bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara menangkap ikan atau menjadi seorang nelayan.

Seorang Petani yang tinggal di daerah pedesaan atau daerah pegunungan akan bekerja memanfaatkan alam tempat tinggalnya, yang cocok yaitu menjadi petani yang cara mendapatkan penghasilan dengan cara bercocok tanam.

Bagi para pengusaha mereka memperoleh penghasilan dari usaha yang mereka kelola, Pengusaha memperoleh sumber penghidupan atau nafkah dari proses produksi, seperti mengelola bahan-bahan yang diperoleh dari lingkungan tempat tinggalnya.

Sedangkan bagi mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan maka pekerjaan yang sesuai dengan lingkungan kota adalah sebagai pekerjaan Kantoran, PNS, Karyawan Pabrik dan lain sebagainya.

      2.     Lingkungan Berfungsi Sebagai Tempat Melakukan Aktifitas Bekerja
Setiap manusia melakukan aktivitas atau bekerja untuk mencari nafkah, dan dengan berbagai aktivitas itu pula dapat menimbulkan terjalin nya sebuah interaksi sosial, hal tersebut juga menunjukkan sebuah ketergantungan antar manusia satu dengan lainnya, interaksi sosial yang dibangun antar sesamanya mampu menunjang kesejahteraan hidupnya dikemudian hari.

      3.     Lingkungan Berfungsi Sebagai Tempat Tinggal
Selain memiliki fungsi dan kegunaan seperti di atas, lingkungan alam juga berfungsi sebagai tempat tinggal, namun tempat yang kita tempati haruslah tetap bersih dan sehat, kita harus tetap menjaga dan melestarikan lingkungan alam tempat tinggal kita, jika jika lingkungan di sekitar tempat tinggal kita kotor dan tercemar, maka kita juga tidak bisa merasa nyaman.

Nah itulah artikel tentang manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia, semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.



AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar