-->

Fungsi Serta Keunikan Rumah Adat Panggung Kajang Leko Dari Jambi

Fungsi Rumah Adat Provinsi Jambi Rumah Panggung Kajang Leko

Media Pendidikan-Rumah Panggung Kajang Leko adalah adat dari Provinsi Jambi, seperti rumah adat pada umumnya rumah Rumah Panggung Kajang Leko didesain berbentuk panggung.

Adapun manfaat rumah dengan desain panggung adalah, rumah tersebut akan tahan terhadap gempa, terhindar dari bahaya binatang buas dan lain-lain.

Menurut sejarah Rumah Panggung Kajang Leko Jambi adalah dari masyarakat marga batin v yang aslinya adalah pindahan dari Dusun Kota Rayo provinsi Jambi, dan masyarakat marga v ini berpindah dari Dusun Kota Rayo menuju Jambi di karnakan di Dusun Kota Rayo pernah terserang wabah penyakit sehingga masyaraktnya berpindah dan menetap di Jambi.

Fungsi Rumah Panggung Kajang Leko
1.  Ruangan yang pertama Rumah Panggung Kajang Leko disebut dengan nama Jogan memiliki fungsi sebagai tempat beristirahat anggota keluarga, selain itu jogan juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan air.

2.  Ruangan yang kedua Rumah Panggung Kajang Leko disebut dengan nama Serambi, dan ruangan ini memiliki fungsi sebagai tempat menerima tamu khusus laki-laki.

3.  Ruangan yang ketiga Rumah Panggung Kajang Leko disebut dengan nama Serambi Dalam, ruangan ini difungsikan sebagai tempat beristirahan atau tempat tidur bagi anak laki-laki.

4.  Ruangan yang keempat Rumah Panggung Kajang Leko disebut dengan nama Amben Melintang, ruangan Amben melintang hanya dikhususkan sebagai kamar bagi pengantin baru.

5.  Ruangan yang kelima Rumah Panggung Kajang Leko di sebut dengan nama Serambi Belakang, ruangan ini berfungsi sebagai tempat istirahat atau kamar tidur bagi kaum wanita yang masih gadis atau yang belum menikah.

6.  Ruangan yang keenam Rumah Panggung Kajang Leko disebut dengan nama Laren, Ruangan ini berfungsi sebagai tempat menyambut tamu khusus tamu wanita.

7.  Ruangan yang ketujuh Rumah Panggung Kajang Leko disebut dengan nama Gareng, ruangan ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan makanan seperti beras, padi dan lain-lain.



Ciri-ciri dan Keunikan Rumah Panggung Kajang Leko

Rumah Panggung Kajang Leko memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan Rumah Adat yang Ada di daerah-daerah lain, diantaranya adalah, desain rumah panggung yang unik, dan memiliki dua buah tangga.

Adapun Keunikan Rumah Panggung Kajang Leko adalah memiliki bentuk Bumbungan Atap Gajah Mengamuk, Bentuk atap rumah dibuat melengkung saling bertemu, dan bentuknya mirip dengan bentuk perahu, lengkungan tersebut juga disebut potongan jerambah atau lipat kajang.

Dibagian Langit-langit terdapat material yang di sebut dengan istilah Tebar Layar, Tebar Layar adalah Plafon yang memisahkan antara atap dengan ruangan yang ada dibagian bawah, Tebar Layar biasanya di gunakan sebagai tempat menyimpan barang barang yang di anggap penting, untuk naik ke ruangan Tebar Layar ini menggunakan patetah atau tangga untuk naik ke ruangan loteng.

Terdapat ornamen ukiran dengan bentuk ikan, yang melambangkan bahwa masyarakat melayu pada umumnya bekerja sebagai seorang Nelayan, sedangkan ornament ukiran dengan motif tumbuhan seperti buah, bunga melambangkan bahwa masyarakat Melayu Jambi sangat bergantung pada kekayaan Alam atau Hutan, sehingga Hutan menjadi sebuah area yang sangat penting bagi masyarakat Jambi.

Sementara untuk bagian langit-langit, terdapat material yang bernama tebar layar. Tebar layar adalah semacam plafon yang memisahkan ruangan loteng dengan ruangan di bawahnya. Ruangan loteng sering digunakan sebagai ruang penyimpanan, oleh karenanya pada rumah adat ini terdapat tangga patetah yang digunakan untuk naik ke ruangan loteng.

Demikianlah artikel Tentang Rumah Adat Provinsi Jambi Rumah Panggung Kajang Leko semoga bermanfaat dan Salam Media Pendidikan.



AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar