-->

Ciri Serta Fungsi dan Keunikan Rumah Adat Sumatra Utara

Ciri-Ciri Fungsi dan Keunikan Rumah Bolon


Media Pendidikan-Rumah Bolon adalah rumah tradisional suku batak Sumatra Utara, oleh masyarakat batak setempat Rumah Bolon menjadi simbol keberadaan masyarakat adat batak, dan nama Rumah Bolon ini juga sering disebut dengan istilah Rumah Gorga. Di Sumatra Utara terdapat beberapa jenis suku batak, diantaranya adalah Batak Toba,Simalungun,Pakpak, Mandailing, Angkola dan Karo, dengan demikian jenis rumah adat di wilayah Sumatra Utara juga beraneka ragam, hal ini di sesuikan dengan beberapa suku yang ada di Sumatra Utara.

Jenis rumah adat di setiap suku juga memiliki ciri has masing-masing, akan tetapi secara umum bentuk Rumah Bolon ini terbilang hampir sama.

Fungsi Rumah Bolon :
Pada zaman dahulu Rumah Bolon berfungsi sebagai tempat tinggal bagi masyarakat suku batak Sumatra Utara, keberadaan Rumah Bolon kini terbilang langka dan jarang sekali di temui.

Selain sebagai tempat tinggal masyarakat suku batak , dulu Rumah Bolon juga difungsikan sebagai tempat tinggal 13 raja dari Sumatra Utara.

Ciri-Ciri dan Keunikan Rumah Bolon :
Ciri umum Rumah Bolon yaitu keindahan yang khas terdapat pada bagian atap rumah, dimana bentuknya lancip pada bagian depan dan belakangnya.
Pada bagian depan atap rumah ini dibuat lebih panjang dari pada bagian belakangnya. Dengan bentuk atap demikian di percaya dapat turut mendoakan keturunan pemilik rumah adat ini agar lebih sukses dari nenek moyangnya.
Rumah Bolon setiap jenis suku yang ada di Sumatra Utara adalah memiliki ciri-ciri bentuk persegi panjang, jenis rumah panggung, Rumah Bolon Memiliki Banyak Tiang Penyangga Dengan Ketinggian Rata-Rata 1,75m, untuk masuk ke atau naik ke dalam Rumah Bolon harus melalui tangga yang dibuat dengan jumlah anak tangga yang selalu ganjil. 

Keunikan Rumah Bolon memiliki ornamen Gorga atau ukiran khas yang memiliki makna sebagai tolak bala dari segala macam bentuk bahaya seperti bahaya wabah penyakit dan lain-lain. Ornamen ukiran Rumah Bolon biasanya ditempatkan pada dinding rumah bagian luar, terletak di atas pintu rumah, ukiran biasanya berbentuk ular, cicak dan kerbau, dan lambang-lambang hewan tersebut memiliki arti tersendiri. Adapun arti dari masing-masing Gorga atau ukiran hewan tersebut adalah :

Arti Lambang Kerbau:
menggambarkan bahwa kerbau merupakan hewan yang telah berjasa membantu pekerjaan manusia, dan gambar kerbau juga merupakan bentuk ucapan terimakasih bahwa kerbau telah bekerja keras membatu manusia menggarap ladang pertanian miliki masyarakat.

Arti Lambang Ular :
Menurut kepercayaan suku Batak Sumatra Utara, Ular yang masuk kedalam rumah memiliki makna, bahwa penguin rumah tersebut akan mendapatkan berkah,oleh sebab itu Gorga ular di sematkan pada Rumah Bolon ini agar senantiasa penghuni rumah selalu mendapatkan rahmat serta keberkahan yang melimpah dari tuhan.

Arti Lambang Cicak:
Gorga cicak memiliki simbol atau makna bahwa orang suku batak sangat lah mudah bergaul dan menyesuaikan diri di lokasi perantauan yang jauh sekalipun.
Gorga yang dilukis dengan bentuk cicak memiliki arti bahwa orang Batak mampu bertahan hidup dimanapun dia berada, meskipun dia sedang merantau di daerah yang sangat jauh.

demikianlah artikel tentang ciri-ciri fungsi dan keunikan rumah adat sumatra utara Rumah Bolon kali ini, semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar