-->

Ciri-ciri Alat Musik Tradisional Khas Bengkulu – Dol

Dol atau Doli

Dol atau Doli adalah salah satu jenis  Alat musik tradisional khas Provinsi Bengkulu. Alat musik Dol memiliki kisah yang sangat panjang, pada jaman dahulu kala alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul di bagian membran ini tidak sembarangan dimainkan, namun memainkannya pada saat acara-acara tertentu seperti acara Tabot, Tabot ini merupakan acara sakral untuk mengenang wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW.
Sedangkan untuk pemain atau orang yang menabuh tabot ini bukanlah orang sembarangan, namun hanya diperbolehkan ditabuh oleh para keturunan Tabot itu sendiri.
Cara Memainkan Alat Musik Dol
Lalu bagaimana cara memainkan alat musik Dol ini ? nah untuk mengetahui lebih lanjut berikut ini penjelasan singkatnya ;
Terdapat 3 buah teknik dasar dalam memainkan alat musik Dol ini, dan hingga kini teknik tersebut masih di gunakan saat memainkan alat musik tersebut, tiga dasar tersebut diantaranya adalah teknik Suwena, teknik Tamatamdan  satu lagi teknik Suawri , dan untuk penggunaannya sendiri di sesuaikan dengan keperluan, adapun teknik  jenis Suwena biasanya dimainkan saat acara berduka cita, Tamatam dimainkan ketika sedang dalam suasana gembira dan yang ketiga adalah Suwari jenis tersebut digunakan sebagai pemotifasi atau penyemangat suasana.
Untuk ritme atau tempo dalam memainkan alat musik ini ketukan konstan serta lambat juga dapat mempengaruhi perfoma dari alat musik Dol khas provinsi Bengkulu. Saat pementasan, selain Dol terdapat pula alat musik lain yang digunakan sebagai pengiring yaitu alat musik Tassa, serunai dan lainnya sebagainya.


Demikianlah penjelasan tentang alat musik tradisional Provinsi Bengkulu, Dol atau Doli kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua sekian dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar