-->

Panduan Cara Sukses Budidaya Jeruk Siam

Budidaya Jeruk Siam

Jeruk siam adalah satu jeruk yang sering kita jumpai sehari hari. Dan jeruk siam juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis jeruk yang lainnya. Dilihat sekilas memang tidak jauh berbeda, perbedaanya terletak pada kulitnya yang tipis dan licin mengkilap. Di samping itu, kulit jeruk siam menempel lebih lekat dengan dagingnya. Ukurannya cukup ideal, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

1. Cara Bertanam
A. Syarat Tumbuh
Untuk memperoleh pertumbuhan yang baik, jeruk siap memerlukan syarat tumbuh tertentu. Syarat tumbuh tersebut meliputi ketinggian tempat, jenis tanah, pH dan iklim. Memang jeruk siam bisa ditanam dimana saja, tetapi hasilnya tidak memuaskan seperti bila ditanam di lokasi yang sesuai dengan syarat tumbuhnya. Oleh karena itu, pemilihan lokasi tanam merupakan tahap yang sangat penting sebelum dilakukan penanaman.

B. Pemilihan Bibit
Bila adik-adik siswa yang berminat untuk mencoba menanam jeruk siam, dalam pemilihan bibit juga bukan masalah yang dinomor duakan. Banyak penjual bibit jeruk di pasar tidak menjamin pembeli akan mendapatkan jeruk yang bagus. Untuk itu, supaya kita tidak tertipu di bawah ini ada beberapa ciri bibit yang bagus, yakni antara lain sebagai berikut:

- Bibit mempunyai daun-daun yang hijau segar,
- Pertumbuhan cabangnya seimbang,
- Bibit terlepas dan hama,
- Dan sebagainya.

C. Pengolahan Tanah
Jeruk siam sebenarnya sangat mudah sekali dalam cara penanamannya, namun untuk memperoleh hasil yang memuaskan kita tidak ada salahnya terlebih dahulu mengolah tanah yang akan dijadikan lahan sebagai objek tanah tanaman jeruk siam tersebut. Adapun dalam pengolahan tanah tersebut, antara lain :

- Penyesuaian pH tanah,
- Penentuan pola dan jarak tanam.

D. Penanaman dan Pemeliharaan Penanaman
Penanaman bibit jeruk pada lubang tanam yang sudah sudah disiapkan sebaiknya dilaksanakan bila dalam keadaan cuaca yang banyak hujannya. Sekitar pada bulan September sampai dengan bulan Nopember.

- Teknik penanaman
Sebelum penanaman terlebih dahulu periksalah kualitas bibit dan bentuk perakarannya. Bibit yang ditanam adalah bibit yang kondisinya sehat, segar dan sempurna perakarannya.
 
- Pemeliharaan
Hasil yang memuaskan tidak akan diperoleh tanpa pemeliharaan yang baik. Tanaman jeruk memang tidak terlalu manja, tetapi pada saat-saat tertentu tanaman .ini bisa sangat peka terhadap serangan hama dan penyakit. Kematian tanaman jeruk ini tidak selalu karena serangan hama, lingkungan yang kotor dan tidak terawat juga bisa mematikan tanaman ini.

AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar