-->

Fungsi Serta Keunikan Dari Rumah Adat Khas Provinsi Kalimantan Timur

Rumah Lamin suku Dayak Kalimantan Timur

Media Pendidikan-Rumah adat yang berasal dari provinsi Kalimantan Timur ini adalah bernama  Rumah Lamin, Rumah Lamin merupakan Rumah adat yang juga sebagai identitas masyarakat suku Dayak Kenyah Provinsi Kalimantan Timur ini, dan rumah Lamin  mulai resmi di jadikan sebagai rumah adat Provinsi Kalimantan Timur sejak tahun 1967 silam.

Adapun Keunikan yang di miliki Rumah Lamin ini tampak pada struktur dan juga ukuran bangunannya, rumah lamin ini memiliki desain panggung berukuran besar dan juga berdaya tampung cukup banyak, hal tersebut menandakan bahwa masyarakat suku Dayak Kenyah dari Kalimantan Timur  ini memiliki karakter sifat kekeluargaan serta sikap cinta kedamaian yang tinggi.

Dalam satu rumah lamin ini dapat menampung 12 hingga 30 keluarga, dan dapat menampung sedikitnya 100 orang , jumlah sebanyak itu tentu karena di tunjang dengan ukuran rumah Lamin memanglah sangat besar, panjang Rumah Lamin ini mencapai hingga 300 m,sedangkan lebarnya adalah 15 m, dan untuk ketinggian rumah Lamin ini adalah sekitar 3 m.

Untuk bagian tiang pada rumah adat Lamin ini terbagi menjadi dua bagian yang diantaranya adalah tiang yang berfungsi penyangga atap ataupun bagian bangunan yang paling inti, sedangkan untuk bagian yang selanjutnya adalah berupa tiang penyangga bagian lain-lainnya, dan biasanya tiang tersebut di fungsikan sebagi penyangga bagian lantai rumah Lamin ini, dan uniknya lagi tiang-tiang penyangga itu umumnya berbentuk seperti tabung.

Bagian Pintu masuk rumah ini dihubungkan dengan beberapa buah tangga, tangga tersebut berfungsi sebagai jalan yang untuk dapat memasuki bagian dalam rumah Lamin tersebut.

Pada bagian depan rumah, atau halaman rumah Lamin terdapat patung-patung atau totem terbuat dari kayu dengan jumlah lumayan banyak.

Sedang pada bagian tengah rumah Lamin ini, kita juga akan melihat sebuah tiang yang berukuran besar dan terbuat dari bahan dari kayu, adapun fungsi dan kegunaan tiang tersebut adalah sebagai tempat untuk mengikat hewan hewan peliharaan atau hewan ternak yang sengaja di pelihara oleh pemilik rumah Lamin ini.

Strukur Bangunan Rumah Adat Lamin

1. Terdapat Ornament Ukiran
Adapun ciri khas dari rumah Lamin ini adalah yang terdapatnya ornamen ukiran-ukiran etnik Dayak Kenyah  yakni berupa gambar yang mengandung makna, dan pada umumnya gambar tersebut di wujudkan dalam bentuk  motif makhluk hidup seperti. seperti wajah manusia, yang mengisahkan aktivitas perburuan,motif tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain.

Menurut kepercayaan yang berkembang di masyarakat etnik Dayak Kenyah ukiran-ukiran yang di pahat ini dipercaya dapat menjaga keluarga yang menghuni rumah Lamin ini agar terhindar dari segala ancaman bahaya baik itu nyata atau yang bersifat sihir atau sejenis ilmu hitam yang kedatangannya tidak disangka-sangka, dan untuk urusan ilmu spiritualis dan kebatinan itu sendiri sebetulnya masyarakat Dayak Kenyah ini juga terbilang sangat kuat .

2. Fungsi Rumah Adat Lamin Kalimantan Timur

Adapun Fungsi atau kegunaan dari rumah tradisional adat Dayak Kenyah yang di sebut Rumah Lamin ini terbagi-bagi atas tiga fungsi berdasarkan tiap-tiap ruangan nya, adapun bagian-bagian tersebut meliputi bagian dapur, bagian ke dua adalah ruangan tidur, sedangkan yang ketiga adalah ruang tamu.

Nah berikut ini adalah fungsi dari tiap-tiap ruangan diantaranya adalah :

a. Fungsi Ruangan Tidur
Seperti ruangan-ruangan tidur pada umumnya, bahwa ruang tidur ini berfungsi sebagai tempat beristirahat atau tidur bagi keluarga, dan biasanya ruangan tidur ini dimiliki oleh tiap-tiap orang yang tinggal di rumah Lamin ini, dan ruangan tidur ini letaknya juga berderet antara satu sama lain.
Dan ruangan tidur antara wanita dan pria di buat terpisah, terkecuali bagi laki-laki dan perempuan yang sudah sah menikah. b. Fungsi Ruang Tamu
Adapun fungsi dari ruang tamu yang berada di rumah Lamin ini adalah sebagai ruangan untuk menerima tamu atau bisa juga digunakan sebagai tempat melangsungkan pertemuan-pertemuan adat.

Adapun ciri-ciri Ruang tamu ini adalah semacam ruangan kosong dengan ukuran cukup panjang, dan posisinya berada pada sisi bagian luar dari rumah adat Lamin ini, untuk memasuki ruangan ini si pemilik rumah sudah mempersiapkan tangga yang nantinya akan digunakan untuk naik atau memasuki ruang tamu ini.

Sedangkan bagian ruangan kosong yang berada di bawah rumah Lamin ini pada umumnya digunakan sebagai tempat meletakkan hewan ternak yang dimiliki keluarga atau penghuni rumah Lamin ini.


c. Fungsi Ruang Dapur
Ruangan dapur ini di gunakan sebagai tempat mengolah bahan makanan untuk penghuni rumah Lamin ini, selain sebagai tempat mengolah makanan, juga di jadikan sebagai tempat menyimpan bahan-bahan makanan.

2.  Warna Rumah Lamin Yang Khas

Untuk penggunaan warna pada Rumah Lamin khas Kalimantan Timur ini memiliki ciri khas tersendiri, biasanya menggunakan warna-warna kontras warna-warna tersebut diantaranya adalah warna kuning,warna hitam,warna merah,warna biru, serta warna putih, adapun warna putih adalah yang paling mendominasi warna rumah Lamin ini, makna dari tiap-tiap warna yang terdapat pada rumah lamin ini diantaranya adalah :

Warna merah adalah warna yang melambangkan keberanian, untuk warna kuning melambangkan kewibawaan, untuk warna yang putih melambangkan kebersihan jiwa, dan untuk warna hitam melambangkan keteduhan.
c. Struktur Kontruksi Bahan
Adapun struktur dari konstruksi bangunan Rumah Lamin yang di jadikan sebagai Rumah adat suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur ini adalah terbuat dari bahan pilihan dan yang paling umum di gunakan adalah sikayu nomor satu di dunia ini yaitu kayu ulin. Kayu tersebut di pilih karena memiliki kualitas terbaik yang ada di hutan Kalimantan.

Kayu ulin ini dikenal sangatlah kuat dari segala iklim, tidak mudah lapuk dan akan semakin baik jika berada digenangan air, sehingga penggunaan kayu ini sangat efektif untuk daerah-daerah yang cukup banyak mengandung air seperti di Kalimantan.

Kayu ulin yang juga dijuluki sebagai kayu besi ini biasanya di gunakan sebagai tiang penyangga bagi rumah Lamin khas Kalimantan Timur ini.

d. Pembagian Ruangan Rumah Lamin Khas Kalimantan Timur

Seperti yang telah admin jelaskan di bagian atas tadi bahwa Fungsi atau kegunaan dari rumah tradisional adat Dayak Kenyah yang di sebut Rumah Lamin ini terbagi-bagi atas tiga fungsi berdasarkan tiap-tiap ruangannya, adapun bagian-bagian tersebut meliputi bagian dapur, bagian ke dua adalah ruangan tidur, sedangkan yang ketiga adalah ruang tamu.

Selain bagian-bagian tersebut ada pula bagian lain yang belum admin jelaskan, bagian tersebut diantaranya adalah :
1.  Aksesoris Rumah Lamin Kalimantan Timur
Pada umumnya Rumah Lamin ini dilengkapi dengan berbagi ornament atau aksesoris ukiran tertentu, aksesoris yang mendominasi adalah aksesoris berupa patung-patung atau totem, Patung-patung atau totem tersebut merupakan gambaran dari para dewa-dewa yang dipercaya oleh masyarakat suku Dayak kuno sebagai penjaga rumah beserta penghuninya dari segala bahaya yang akan menimpa.
 
Nah itulah tadi penjelasan tentang Fungsi dan Keunikan Rumah Lamin Adat Provinsi Kalimantan Timur ,semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar