-->

Ciri Serta Fungsi Rumah Tradisional Provinsi Gorontalo Doluhapa

Rumah Adat Tradisional Provinsi Gorontalo Doluhapa

Media Pendidikan-Provinsi Gorontalo adalah sebuah provinsi yang terletak di sebelah barat Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo atau Kota Gorontalo ini adalah sebuah provinsi yang  juga dijuluki dengan nama Kota Serambi Madinah.

Provinsi Gorontalo ini dihuni oleh beberapa etnis, etnis tersebut disebut dengan istilah Pohala’a (keluarga) adapun etnis-etnis yang bermukim di wilayah Gorontalo ini diantaranya adalah Pohala’a Gorontalo Hulontalo, Pohala’a Suwaw/Tuwawa, Pohala’a Limboto/Limutu, Pohala’a Balango/Bulango serta Pohala’a Atinggola.

Penyebaran Siaspora Orang-orang Gorontalo ini di perkirakan mencapai lima kali lipat dari total penduduk si seluruh dunia.

Kota gorontalo tegolong kota tua yang berada di wilayah Sulawesi, serupa juga dengan kota kota lain yang ada di sekitarnya, yang diantaranya adalah kota Manando, Pare-pare dan juga Makasar, pada masa dahulu Kota Gorontalo pernah menjadi sebuah kota yang menjadi pusat kebudayaan Agama Islam, dan hal tersebut menjadikan Kota Gorontalo ini kaya akan kebudayaan khasnya, dan hal tersebut tampak pada rumah adat yang dimiliki oleh Provinsi Gorontalo ini.

Fungsi Rumah Adat Doluhapa Gorontalo
Adapun Nama Rumah Adata masyarakat Gorontalo ini bernama Doluhapa atau Hulondohalo , yang artinya Harifah,  sedangkan Doluhapa sendiri berarti Musyawarah, dan sesuai dengan nama dan makna dari Rumah adat Gorontalo ini memanglah dahulu rumah adat tersebut difungsikan sebagai tempat bermusyawarah, dan juga sebagi tempat pengadilan serta tempat untuk menghukum para penghianat dengan memberlakukan tiga aturan yaitu :

1.     Menurut Alur Buwatulo Bala atau pertahanan keamanan
2.     Menurut Alur Buwatulo Syara atau Hukum menurut syariat Islam
3.     Menurut Alur Buwatulo Adati atau Hukum secara Adat

Seiring perkembangan jaman fungsi dari rumah adat Doluhapa ini pun sudah mulai bergeser, Rumah adat tersebut kini biasanya di gunakan sebagai balai adat yang  terkadang juga difungsikan sebagai tempat mengadakan acara adat atau upacara-upacara penting seperti Pernikahan dll.

Ciri-ciri dan Keunikan Rumah Adat Doluhapa Gorontalo
Adapun beberapa ciri-ciri serta keunikannya adalah rumah  Doluhapa ini memiliki struktur bangunan panggung seperti rumah adat daerah lain pada umumnya, dan rumah Doluhapa ini juga di lengkapi dengan pilar kayu dan di hias sedemikian rupa sehingga tampak unik dan menarik.

Rumah Doluhapa memiliki beberapa bagian diantaranya adalah ;

a.   Pada bagian atap rumah adat Doluhapa ini terbuat dari bahan jerami berkualitas.
b.  Ruangan nya terlihat longgar atau lowong, karena pada ruangan dalam rumah ini tidak terlalu banyak sekat.
c.   Salah satu ciri khas rumah Doluhapa ini adalah terdapatnya Anjungan yang biasanya dipakai oleh sang Raja atau sanak kerabatnya.
d.  Ciri khas yang lainnya adalah pada sisi rumah ini di pasang Tolitihu atau tangga yang berjumlah 2 buah dan masing-masing berada di sisi kiri dan kanan rumah Doluhapa ini.


Nah itulah tadi beberapa penjelasan tentang Ciri-ciri dan Fungsi Rumah Adat Provinsi Gorontalo Doluhapa kali ini semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar