-->

Fungsi Serta Keunikan Rumah Bentang Khas Kalimantan Tengah

Ciri-ciri dan Keunikan Rumah  Bentang Kalimantan Tengah

Media Pendidikan-Kalimantan Tengah adalah salah satu dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, provinsi ini juga memiliki rumah adat yang tidak kalah unik dengan yang dimiliki daerah-daerah lain, dan rumah adat khas suku Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah yang admin bahas ini adalah Rumah Bentang,  Nah seperti apa penjelasan lebih lengkapnya mari kita simak penjelasannya berikut ini :

1.     Ciri-ciri Rumah Bentang Kalimantan Tengah :
Tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Barat, di mana rumah adat Kalimantan tengah ini juga didesain dengan model panggung yang memanjang kearah belakang, dan bagi suku Dayak lain, memiliki tradisi membangun Rumah Adat nya dengan posisi hulunya searah dengan arah terbit matahari, sedangkan hilirnya searah dengan arah terbenamnya matahari, hal ini berhubungan dengan filosofi rumah adat tersebut, dimana amakna filosofinya bahwa masyarakat suku Dayak Ngaju memiliki cirikhas sebagai seorang pekerja keras dari sejak matahari terbit hingga terbenam, sesuai dengan perkembangan jaman, kini jenis Rumah Bentang yang asli sudah sangat sulit sekali ditemukan.

            2.     Simbol dan Nilai-nilai Filosofi Rumah Bentang Kalimantan Tengah :
Rumah Betang Kalimantan Tengah mengandung nilai filosofi yang cukup tinggi adapun nilai filosofi yang masih melekat pada masyarakat Dayak Ngaju yang mendiami Rumah Bentang ini adalah ;

Bahwa didalam menjalani kehidupannya, naluri masyarakat Dayak Ngaju sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan kendatipun hidup berdampingan dengan masyarakat suku lain. Suku Dayak Ngaju sangat cinta damai, dan sangat membenci keonaran, dengan demikian mereka juga sangat berusaha keras untuk tetap mempertahankan tradisi serta nilai-nilai luhur yang tercermin pada simbol rumah adat bentang ini, dan mereka memfungsikan rumah bentang ini sebagai tempat tinggal sekaligus pusat segala kegiatan-kegiatan yang bersifat tradisi masyarakat suku tersebut dan juga sebagai tempat untuk menjalin keakraban antara satu sama lain.

            3.     Fungsi dari Tiap Bagian Pada Rumah Bentang Kalimantan Tengah.
Masyarakat suku Dayak Nngaju Kalimantan Tengah percaya terhadap ketentuan khusus yang di terapkan pada tata letak serta fungsi ruangan Rumah Bentang ini, seperti apa penjelasannya mari kita ikuti penjelasan selengkapnya berikut.


      a.     Ruangan Pusat Rumah Bentang
Ruangan dengan karakter los atau lepas yang berada di tengah bangunan ini merupakan tempat yang berfungsi sebagai tempat berkumpul atau pun melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosial.

      b.      Ruang Kamar Tidur Rumah Bentang
Terdapat kepercayaan terhadap ketentuan tata ruang atau tempat tidur di Rumah Bentang ini, adapun ketentuan tersebut diantaranya adalah tata cara peletakan posisi kamar orang tua serta kamar anaknya, seperti apa tata ruang yang di maksud ?...

Yakni tata ruang tempat tidur orang tua harus berada di bagian ujung aliran sungai, sedangkan kamar tidur yang diperuntukan bagi anak bungsunya harus berada di paling ujung hilir aliran sungai, ketentuan ini tidak boleh di langgar jika berani melanggar maka di percaya mala peta akan datang dan menimpa keluarga serta seisi rumah bentang tersebut.

      c.       Ruangan Dapur Rumah Bentang
Ruangan dapur ini dibuat dengan posisi menghadap ke aliran sungai, konon jika hal ini diterapkan maka akan mendatangkan keberkahan serta rezeki yang melimpah.

      d.     Tangga Rumah Rumah Bentang
Tangga Rumah Bentang di buat dengan jumlah ganjil, 1,3,5 dan lain seterusnya, jumlah tangga itu sendiri di sesuaikan dengan ukuran rumah bentang itu sendiri, semakin besar ruamahnya semakin banyak pula tangga yang dipasang, namun umumnya tangga rumah bentang ini berjumlah tiga, dan posisi masing-masing berada di ujung kanan dan kiri dan satu lagi berada di depan rumah dan tangga yang berada di tengah tersebut merupakan simbol solidaritas suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah.

      e.      Ruangan Pante Rumah Bentang
Pante berukuran luas yang berada di bagian atap serta menjorok ke luar ini biasanya difungsikan sebagai tempat menjemur pakaian ataupun hasil pertanian seperti padi, jagung atau yang lainnya, pane ini adalah lantai yang di buat dari bahan bambu, batang pinang yang di belah, kayu seukura lengan ataupun papan, dan terkadang pane juga digunakan sebagai tempat melaksanakan kegiatan-kegiatan upacara adat setempat.

f .        Ruangan Serambi Rumah Bentang
Serambi adalah sebuah pintu masuk Rumah Bentang, yang mana untuk memasuki area ini terlebih dulu melewati pane, serambi yang dibuat berjumlah sesuai dengan jumlah kepala keluarga yang mendiami rumah tersebut, di bagian depan serambi ini saat ada acara upacara adat biasanya diberi tanda berupa bambu yang bagian kulitnya di arut halus-halus sehingga membentuk jumbai-jumbai di setiap ruas-ruasnya.

      g.     Ruangan Sami Rumah Bentang
Ruang sampai merupakan ruangan yang berfungsi sebagai ruang tamu atau dapat dijadikan pula sebagai tempat bagi para penghuni rumah untuk mengadakan yang akan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tertentu.

      h.      Ruangan Jungkar Rumah Bentang
Ruang jungkir merupakan ruang tambahan yang berada di bagian belakang bilik masing-masing kepala keluarga, dan biasanya terletak di bagian tangga masuk rumah.

Nah itulah tadi penjelasan tentang Rumah Bentang adat Provinsi Kalimantan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan Salam Media Pendidikan.
AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar