-->

Penjelasan serta Pengertian Nada,Tempo dan Birama


Media Pendidikan-Dalam seni music kita sering dihadapkan dengan beberapa jenis istilah di bidang music, diantaranya adalah Nada,Tempo dan Birama lalu apa pengertian dari kedua istilah ? berikut ini adalah penjelasannya ;

A. Nada
Nada adalah sebuagai bunyi yang beraturan dengan frekuensi tertentu.
Dalam musik setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu.
Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Istilah nada
sering diistilahkan dengan not, walaupun sebenarnya keduanya memiliki
perbedaan arti.

B. Tempo
Tempo adalah ukuran kecepatan pada musik dalam birama lagu atau cepat lambatnya lagu dinyanyikan.
Kecepatan lagu bisa diukur dengan alat bernama metronome.

Keterangan tempo biasanya diletakkan di bagian kiri atas pada sebuah lagu, di bawah penulisan nada dasar lagu tersebut.
Tanda ini digunakan untuk menyatakan kecepatan lagu yang tepat.

C. Birama

Pada Fungsi Simbol birama berguna sebagai simbol musikal yang mana birama juga memiliki arti memberikan hitungan dasar irama pada sebuah alat musik. Birama disimbolkan dalam bentuk pecahan seperti :

a.     Birama 2/4

Maksud dari birama 2/4 adalah  pada setiap birama terdiri atas dua ketukan. Birama dengan ketukan 2/4 ini dapat kita jumpai pada beberapa lagu diantaranya pada lagu hari merdeka, cik-cik periok dari Kalimantan Barat, Ampar-ampar pisang  dan lain-lain.

b.     Birama 3/4
Maksud dari birama 3/4 adalah pada setiap birama terdiri atas tiga ketukan. Birama dengan ketukan 3/4 ini dapat kita jumpai pada beberapa lagu diantaranya pada lagu, Burung Kakak tua dari Maluku, Tumpi Wahyu dari Kalimantan Tengah, dan lain-lain.

c.      Birama 4/4
Maksud dari birama adalah setiap birama terdiri atas empat ketukan. Birama dengan ketukan 4/4 ini dapat kita jumpai pada beberapa lagu diantaranya pada lagu Bungong Jeumpa dari Aceh, Injit Injit Semut dari Sumatera Timur, Jali-Jali dari Jakarta dan lain-lain.

d.     Birama 6/8

Birama 6/8 maksudnya adalah tiap birama terdiri atas enam ketukan. Contoh lagu nusantara yang menggunakan birama 6/8 adalah Naik-naik ke puncak gunung dari Maluku.


Demikian penjelasan tentang Pengertian Nada,Tempo dan Birama kali ini, semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar