-->

Keunikan Alat Musik Tradisional Provinsi Jambi

7 Alat Musik Tradisional Provinsi Jambi
Serangko, Puput Kayu, Gambus Jambi, Kelintang Kayu, Gangor, Gendang Melayu Jambi, Sekdu 


Media Pendidikan-Terdapat beberapa peninggalan kebudayaan yang ada di Provinsi Jambi, dan salah satu peninggalan sejarah tersebut adalah tampak dari beberapa alat music tradisional yang dimiliki oleh provinsi ini , yang beberapa diantaranya akan admin bahas pada artikel kali ini.

Ada beberapa jenis alat music khas melayu Jambi ini diantaranya adalah :

1.     Alat Musik “ Serangko ”  Khas Provinsi Jambi

Alat musik Serangko merupakan salah satu jenis alat music tiup khas yang di miliki oleh masyarakat melayu Jambi, adapun jenis alat music ini terbuat dari dua bahan dasar, yaitu tanduk kerbau yang pada ujung nya di potong dan di sambung dengan sebuah bambu yang sudah diberi beberapa lubang tiup dan lubang nada, sehingga alat musik Serangko panjangnya ada yang hingga 1 meter.

Karena alat musik ini memiliki volume suara yang keras, maka pada jaman dahulu alat musik Serangko ini juga di fungsikan sebagai sarana informasi, beberapa jenis suara khusus digunakan untuk memberikan isyarat-sarat tertentu kepada seluruh penduduk, diantaranya isyarat jika ada musibah, isyarat untuk komando perang dan lain-lain, selain itu alat musik Serangko juga memiliki nada-nada yang dapat dipadu dengan alat music lainnya.

2.     Alat Musik “ Puput Kayu ” Khas Provinsi Jambi

Alat music tiup Puput Kayu yang satu ini adalah alat musik yang mirip dengan Serune Kalee dari Aceh, namun alat musik Puput Kayu di bagian ujung nya didesain lebih kecil dari yang dimiliki Aceh, Puput Kayu di lengkapi dengan 7 lubang nada, sehingga alat musik ini memiliki nada melodis yang lebih lengkap, dan dilihat dari karakter suaranya alat music Puput Kayu tampaknya merupakan alat musik yang mendapat pengaruh dari kebudayaan Arab dan Gujarat yang dahulu pernah datang ke Jambi untuk berdagang.

3.     Alat Musik “ Gambus Jambi ”  Khas Provinsi Jambi


Selain itu pedagang yang datang dari Arab dan Gujarat juga memperkenalkan alat musik khas padang pasirnya yakni Gambus, dan yang sekarang telah didesain khas Gambus Melayu Jambi, alat musik jenis ini juga banyak di jumpai di daerah-daerah lain di Indonesia.

Pada dasarnya alat music instrument ini adalah berasal dari Timur Tengah, namun alat musik petik Gambus Jambi ini memiliki beberapa perbedaan dengan gambus yang berasal dari Timur Tengah, adapun perbedaannya terletak pada jumlah dawainya, dimana Gambus Jambi memiliki jumlah dawai atau senar hingga 12 helai, dan biasanya alat musik ini saat pementasan di padu dengan alat musik orkes tradisional yang lainnya.


4.     Alat Musik “ Kelintang Kayu ”  Khas Provinsi Jambi

Kelintang Kayu khas Jambi ini adalah alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipukul, alat musik jenis ini juga dapat kita temukan di daerah-daerah lain di Indonesia, alat musik ini terdiri dari beberapa batang kayu dengan berbagai ukuran, hal ini berguna untuk menghasilkan nada-nada yang melodis, dan beberapa batang kayu tersebut disusun sesuai urutan nada.

5.     Alat Musik “ Gangor ”  Khas Provinsi Jambi

Alat musik Gangor adalah sebuah alat musik khas Provinsi Jambi yang dahulu sangat banyak dimainkan oleh masyarakat Jambi yang bermukim di Kabupaten Kerinci, Bungo, Tebo, Merangin, dan Sarolangun, alat musik jenis Idio Kardofon ini terbuat dari bahan baku bambu yang bagian kulitnya di kikis hingga bersih lalu di beri beberapa lubang suara, dan pada jaman dahulu alat musik ini dijadikan sebagai alat hiburan bagi petani saat menjaga sawahnya di kebun atau persawahan.

6.     Alat Musik “ Gendang Melayu Jambi ”  Khas Provinsi Jambi

Gendang Melayu Jambi memiliki perbedaan dengan alat musik daerah lain yang juga memiliki alat musik jenis ini, alat musik Gendang Melayu Jambi cenderung mirip dengan alat musik terbang, tetapi alat musik yang satu ini pada bagian body atau rangkanya di desain lebih pendek, membrannya terbuat dari kulit kambing yang di pasang menggunakan tali atau rotan.

Sejak dahulu Alat musik Gendang Melayu Jambi adalah alat musik yang tidak boleh disaat acara-acara adat Jambi, saat di tepuk Gendang Melayu Jambi mengeluarkan suara khas yang tinggi dan keras.

7.     Alat Musik “ Sekdu ”  Khas Provinsi Jambi

Sekdu adalah alat musik tiup yang mirip dengan seruling khas Provinsi Jambi, alat musik melodis ini dahulunya sering digunakan oleh masyarakat melayu tua, sekdu memiliki suara melodis semisal dengan seruling pada umumnya, namun sekdu tidak memiliki nada Si dan Fa.


Demikian tujuh alat musik tradisional khas dari Provinsi Jambi kali ini, semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan.


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar